Nilai UN Depok Ke-7 Se-Jabar

In Metropolis

RADARDEPOK.COM, DEPOK–Nilai Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMP/MTS di Kota Depok terus positif. Tahun ini misalnya, Depok mencatatkan namanya diposisi ketujuh nilai UNBK dari 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat (Jabar). Semantara di tahun sebelumnya berada di posisi ke-12.

Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SMP, Muhammad Yusuf mengatakan, Kota Depok menerobos naik lima peringkat ke atas dari sebelumnya di peringkat ke-12 se-Jawa Barat. Hasil capaian ini merupakan kerja keras dari seluruh stake holder terkait, khususnya sekolah yang mengajar kepada pesera didik.

“Alhamdulillah tahun ini nilai UNBK 2019 Kota Depok meraih posisi ke-7 dengan rata-rata nilainya 56,14,” kata Yusuf kepada Harian Radar Depok, saat ditemui di Balaikota Depok, Jumat (14/6).

Dia menerangkan, UNBK 2019 merupakan tahun ketiga Kota Depok menggunakan sistem komputerisasi pada pelaksanaan ujian nasional jenjang SMP. Pada tahun pertama penggunaan atau UNBK 2017 Kota Depok hanya bisa menempati posisi 21 se-Jawa Barat.

Padahal pada UN sistem kertas pensil di 2016 nilai rata-rata siswa pada saat itu adalah 67,24, jauh di atas rata-rata nilai saat ini. Merosotnya nilai rata-rata siswa, lanjut Yusuf dikarenakan beberapa faktor, salah satunya transisi ujian dari media kertas pensil ke komputerisasi.

“Di mulai dari 2017 itu kita semakin perbaiki sistem belajar dan fasilitas penunjang UNBK, serta sosialisasi ke siswa tentang ujian pakai komputer itu. Hasilnya dari posisi 21 menjadi ke-12 pada UNBK 2018 lalu dan sekarang naik lagi ke posisi 7,” terang Yusuf.

Berdasarkan data Puspendik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, nilai UNBK tertinggi se-Jawa Barat masih ditempati Kabupaten Karawang: 63,2, kedua diduduki Kota Cimahi: 59,8, lalu Kota Bandung: 58,7, Kota Bogor: 58,4, Kota Bekasi: 57,8 dan Kabupaten Bandung Barat: 57,2.

“Mudah-mudahan tahun depan peringkat Kota Depok semakin naik, serta lulusannya pun menjadi kebanggan di masa depan,” pungkas Yusuf. (san)

You may also read!

Terima Kasih Masih Setia

RADARDEPOK.COM – Hari ini Harian Radar Depok berusia 9 tahun. Lahir 15 Juli 2010, di Jalan Raya Kartini No13,

Read More...

Ramai-ramai Sedot Air Tanah

RADARDEPOK.COM – Margonda amblas tinggal menunggu waktu. Hiruk pikuk padatnya jantung Kota Depok itu ternyata di dalam permukaan tanahnya,

Read More...

Agustus Pajak Air Tanah Naik

RADARDEPOK.COM – Tingginya penggunaan air tanah membuat Kota Depok berputar otak. 139  badan usaha wajib pajak pengguna air tanah

Read More...

Mobile Sliding Menu