Gasak Brankas Buat Mudik

In Metropolis

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Seorang tukang ojek pengkolan ditangkap polisi setelah ketahuan menggasak brankas milik warga Pangkalan Jati, Cinere. Dari kotak besi itu, pelaku yang bernama Joko Wiyono (50) berhasil mengambil uang dan barang benda senilai Rp120 juta.

Kasubag Humas Polresta Kota Depok, AKP Firdaus mengatakan, pelaku merupakan kerabat dekat korban atas nama Siti Maimunah. Diketahui Siti merupakan penjual ayam potong yang setiap hari diantar oleh Joko ke Pasar Pondok Labu, kurang lebih selama enam tahun.

“Pelaku menjalankan aksinya pada 3 Juni 2019 dan ditangkap kemarin (10/5). Uang di dalam brangkas itu pelaku gunakan untuk bayar utang dan mudik. Kerugiannya sekitar Rp120 juta,” kata Firdaus kepada Radar Depok, Selasa (11/5).

Dari hasil penelusuran dan keterangan pelaku, lanjut Firdaus, pelaku terlilit utang di rentenir sebesar Rp50 juta. Sekaligus keperluan untuk mudik Idul Fitri tahun ini. Guna menyelesaikan persoalan hidupnya itu, pelaku memberanikan diri menggasak rumah Siti usai mengantarnya ke pasar.

Lantaran sudah mengenal sejak enam tahun lamanya, Joko mengetahui keberadaan kunci rumah yang biasa diletakkan Siti ketika bepergian. Usai dari pasar, Joko pun berbalik kerumah korban dan menemukan brangkas di kamar miliknya.

“Dari dalam brankas ditemukan uang tunai Rp80 juta, ditambah perhiasan dan surat berharga lainnya. Uang tunainya digunakan untuk bayar utang ke rentenir, sisanya untuk mudik lebaran ke Sragen, Jawa Tengah,” terang Daus.

Pelaku berhasil diamankan pihak kepolisian setelah korban melaporkan kejadian tersebut. Dari hasil penyelidikan mendalam, akhirnya polisi menetapkan Joko sebagai tersangka diketahui dari sidik jari di rumah korban. Kemudian pelaku diringkus di rumah kontrakan yang jaraknya sekitar 1 km dari rumah korban.

“Atas kejahatan yang dilakukan, Joko dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman penjara di atas lima tahun,” tandasnya. (san)

You may also read!

Demokrat Depok Tolak KLB

RADARDEPOK.COM, DEPOK – DPC Partai Demokrat Kota Depok menolak keras rencana Kongkres Luas Biasa (KLB) yang diusulkan sejumlah pendiri

Read More...

Sebar Hoaks, Pria di Bojongsari Diringkus

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Diduga telah menyebarkan hoaks tentang ‘kasus Kivlan Zen direkayasa aparat’, seorang pria warga Bojongsari berinisial YM

Read More...

Miliki Ragam Barang Kuno, Simpan Borgol Zaman Belanda

RADARDEPOK.COM – Beragam barang kuno dan tergolong langka masih dimiliki H Rosidi yang tersimpan di rumahnya di Kelurahan Duren

Read More...

Mobile Sliding Menu