Waspada Cacar Monyet Mewabah

In Metropolis
Novarita, Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok

RADARDEPOK.COM, DEPOK–Khalayak Kota Depok mesti tetap waspada kendati belum ada temuan. Kemarin, wabah virus cacar monyet (monkeypox) mulai merambah negara tetangga yakni Singapura. Salah seorang warga negaranya tertular virus tersebut dari wisatawan asal Nigeria. Pemerintah Indonesia turut mewaspadai supaya virus menular itu. Termasuk Pemerintah Kota Depok yang juga menyiapkan berbagai cara untuk mengantisipasinya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita mengatakan, penyakit cacar monyet merupakan virus yang menular dari hewan ke manusia dan sifatnya sangat berbahaya. Cacar monyet hampir mirip dengan cacar pada umumnya, namun virus ini juga sangat langka terjadi di dunia ini.

“Alhamdulillah di Kota Depok belum ada warga yang terjangkit virus monkeypox sampai saat ini. Tapi kita harus terus waspada supaya virus ini tidak masuk ke Depok dan tubuh kita masing-masing tentunya,” kata Novarita kepada Radar Depok, di Balaikota Depok, kemarin (14/5).

Dia menyebutkan, bahwa virus cacar monyet ini dapat menular ke manusia melalui kontak dengan darah, cairan tubuh, dan gigitan hewan yang telah terkontaminasi. Biasanya berasal dari hewan seperti primata (kera) dan pengerat (tikus).

Gejala awal yang dapt timbul dari virus cacar monyet ini tentunya mirip dengan cacar pada umumnya. Seperti di awali dengan demam, sakit kepala berat, pembengkakan pada kelenjar getah bening, sakit punggung, nyeri otot, dan kekurangan energi.

“Ruam kulit mulai muncul di wajah dan menyebar di tempat lain ke sekujur tubuh. Biasanya monkeypox mulai terdeteksi jika sudah 14-21 hari sejak pertama kali terinfeksi virus ini,” jelas Novarita.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Depok, Rani Martina menuturkan, cacar monyet mirip dengan cacar pada umumnya, lebih ringan namun dapat berakibat fatal. Karena itu jika mengalami gejala tersebut masyarakat harus segera berobat ke pelayanan kesehatan dasar untuk mendapatkan perawatan intensif.

Virus cacar monyet bentuknya seperti cacar air, campak, infeksi kulit akibat bakteri, kudis, sifilis, dan alergi terkait obat. Namun untuk mendeteksi seseorang terjangkit virus ini jalan satu-satunya adalah melalui cek laboratorium khusus dengan sejumlah tes yang berbeda.

“Masyarakat kalau bisa pakai sarung tangan dan pakaian pelindung lainnya yang sesuai saat menangani hewan yang terinfeksi dan ketika merawat orang yang sakit. Petugas kesehatan pun juga dianjurkan untuk vaksinasi,” paparnya.

Selain itu, Rani pun juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Depok untuk senantiasa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Langkah itu dilakukan sebagai upaya mencegah dan mengantisipasi wabah virus itu masuk ke Kota Depok.

“Sebagai pencegahan, perilaku hidup bersih dan mengonsumsi makanan bergizi harus diterapkan masyarakat. Serta menjaga kondisi tubuh agar selalu fit, jika bepergian pun juga harus selalu pakai masker,” pungkas Rani. (san)

Antisipasi Wabah Cacar Monyet di Depok:

Pengertian Cacar Monyet:

– Virus yang menular dari hewan ke manusia dan sifatnya sangat berbahaya

 

Penularannya:

– Menular melalui kontak dengan darah

– Cairan Tubuh

– gigitan hewan yang terkontaminasi

– Biasanya berasal dari hewan seperti primata (kera) dan pengerat (tikus)

 

Gejalanya:

– Demam

– Sakit kepala berat

– Pembengkakan pada kelenjar getah bening

– Sakit punggung, nyeri otot, dan kekurangan energi

– Ruam kulit muncul di wajah dan menyebar di tempat lain ke sekujur tubuh

– Biasanya mulai terdeteksi jika sudah 14-21 hari

 

Pencegahan dan Perlindungannya:

– Terapkan PHBS dan Menjaga Kondisi Tubuh

– Pakai sarung tangan saat menangani hewan yang terkontaminasi

– Bagi petugas kesehatan dianjurkan untuk vaksinasi

You may also read!

Terima Kasih Masih Setia

RADARDEPOK.COM – Hari ini Harian Radar Depok berusia 9 tahun. Lahir 15 Juli 2010, di Jalan Raya Kartini No13,

Read More...

Ramai-ramai Sedot Air Tanah

RADARDEPOK.COM – Margonda amblas tinggal menunggu waktu. Hiruk pikuk padatnya jantung Kota Depok itu ternyata di dalam permukaan tanahnya,

Read More...

Agustus Pajak Air Tanah Naik

RADARDEPOK.COM – Tingginya penggunaan air tanah membuat Kota Depok berputar otak. 139  badan usaha wajib pajak pengguna air tanah

Read More...

Mobile Sliding Menu