Targetkan Himpun Zakat Rp17 Miliar

In Metropolis

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok menargetkan dapat menghimpun dana umat sebesar Rp17 miliar pada 2019.

Rencananya, dana sebanyak itu selain akan dikumpulkan Baznas dari Zakat, Infak dan Sodakoh (ZIS) Aparatur Sipil Negara (ASN), juga akan mengoptimalkan dana hibah tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

Kepala Divisi Penyaluran dan Pendayagunaan BAZNAS Kota Depok, Ruman mengatakan, tahun ini Baznas Kota depok menargetkan menghimpun zakat sebanyak Rp17 miliar.

“Insyaallah, tahun ini target kami Rp17 miliar. Angka ini lebih tinggi Rp4 miliar dari tahun sebelumnya,” kata Ruman kepada Radar Depok.

Capaian target tersebut tentu tak main-main. Perlu kerja keras, dan mengoptimalkan semua yang ada. Terlebih dalam pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ), baik di masjid maupun lembaga pemerintahan, non-pemerintahan, hingga industri kreatif.

“Saat ini, jumlah UPZ yang dikelola Baznas Depok sudah ada sekitar 84 unit. Rinciannya, UPZ di Perangkat Daerah ada 36 unit, sisanya tersebar di masjid Kota Depok,” terang dia.

Pihaknya juga tengah menjalin kerja sama dengan industri kreatif di bawah naungan Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagin) Kota Depok. Di antara langkah konkretnya dengan membentuk UPZ di sejumlah restoran.

“Di lembaga pemerintah sendiri, potensinya bisa mencapai Rp1,5 miliar. Sementara di masjid, kalau berhasil membentuk 1.000 UPZ, dengan potensi dana zakat per masjid sekitar Rp1 juta, bisa mencapai Rp1 miliar. Belum lainnya, maka target Rp17  miliar itu realistis,” pungkasnya. (rub)

You may also read!

Semarak Dukungan Wali Kota dan Bupati, Bagaimana Nasib Depok United?

  Oleh: Supartono JW*)   Klub-klub sepak bola khususnya di Indonesia tidak akan dapat maju dan berkembang bila stakeholder terkait di wilayah

Read More...

‘Nagabonar’ Diperiksa KPK Terkait Meikarta

PEMERIKSAAN : Mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar penuhi panggilan penyidik KPK, Jumat (23/8).

Read More...

Ini 20 Orang yang Lolos Capim KPK, Ada yang dari Internal

ILUSTRASI   JAKARTA - Dari 20 nama yang lolos dari Panitia seleksi calon pimpinan komisi pemberantasan korupsi (Pansel

Read More...

Mobile Sliding Menu