Sukmajaya Terpadat

In Utama
SEMAKIN PADAT : Suasana pemukiman padat penduduk terlihat di kawasan Margonda Raya. Foto: AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Kepadatan penduduk di Kota Depok terus meningkat. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Depok, pada tahun 2016 penduduk Depok ada 2.179.813 jiwa, menjadi 2.254.513 pada tahun 2017. Data tersebut diperoleh dari sebelas Kecamatan di Kota Depok.

Staf hubungan masyarakat BPS Kota Depok, Hari Kurniawan mengatakan, kepadatan penduduk di Kota Depok semakin meningkat setiap tahunnya. Hal tersebut terbukti dari data yang dimiliki BPS, ditempati 11.256 jiwa di setiap kilometer persegi.

“Selain padat, itu juga lantaran kepadatan penduduk di Kota Depok tidak merata,” kata Hari kepada Radar Depok, kemarin (16/5).
Kepadatan penduduk juga disebabkan pemerataan di Kota Depok yang tidak maksimal. Seperti di Kecamatan Bojongsari dimana kepadatan hanya 6.678 jiwa per kilometer persegi. Paling lega Kecamatan Sawangan yang hanya 6.094 jiwa. “Segitu juga lega,” tukas Hari.

Berbeda dengan kawasan perkotaan. Pusat kota memang menjadi magnet bagi masyarakat untuk datang ke Kota Depok. Pusat perekonomian, dan pemerintah menjadi incaran para kaum urban untuk tinggal di Kota Depok.

Seperti Pancoranmas, yang mencapai 15.166 jiwa per kilometer persegi. Memilih Kota Depok sebagai tempat tinggal, Sukmajaya juga menjadi kecamatan terpadat di Kota Depok dengan 17.448 penduduk per kilometer persegi.

BPS Provinsi Jawa Barat baru-baru ini, yang menyebut Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Depok tahun 2018 sebesar 80,29.

Angka tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yaitu di angka 79,83. Dengan demikian status pembangunan manusia di Kota Depok meningkat dari status tinggi menjadi sangat tinggi. (rub)

You may also read!

Demokrat Depok Tolak KLB

RADARDEPOK.COM, DEPOK – DPC Partai Demokrat Kota Depok menolak keras rencana Kongkres Luas Biasa (KLB) yang diusulkan sejumlah pendiri

Read More...

Sebar Hoaks, Pria di Bojongsari Diringkus

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Diduga telah menyebarkan hoaks tentang ‘kasus Kivlan Zen direkayasa aparat’, seorang pria warga Bojongsari berinisial YM

Read More...

Miliki Ragam Barang Kuno, Simpan Borgol Zaman Belanda

RADARDEPOK.COM – Beragam barang kuno dan tergolong langka masih dimiliki H Rosidi yang tersimpan di rumahnya di Kelurahan Duren

Read More...

Mobile Sliding Menu