Sementara Harga Barang Pokok Stabil

In Metropolis
PENGECEKAN: Kepala Bidang Perdagangan Disdagin Depok, Anim Mulyana bersama jajarannya sidak ke salah satu supermarket di Mal sekitar Kota Depok. Guna mengecek kestabilan harga. Foto: SANI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK–Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di sejumlah supermarket Depok, kemarin. Dalam sidak, Disdagin mengecek harga kebutuhan pokok untuk menyamakan dengan harga di pasar tradisional.

Kepala Disdagin Kota Depok, Kania Parwanti mengatakan, hasil dari sidak malahan rata-rata harga kebutuhan pokok sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET). Seperti bawang putih yang digadang-gadang melonjak naik di pasaran.

“Harganya stabil malah sesuai HET rata-rata, seperti bawang putih biasa saja Rp35 ribu setengah harga dari yang ada di pasar tradisional,” kata Kania kepada Radar Depok, di Balaikota Depok, kemarin (14/5).

Sidak ini dilakukan berdasarkan surat edaran dari Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri. Menindaklanjuti hasil rapat koordinasi dengan para Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo).

Kania memaparkan, guna menstabilkan harga bawang putih di ritel-ritel dalam surat tersebut, dihimbau bagi ritel untuk menjual dengan harga Rp35 ribu per kilogram untuk bawang putih biasa. Sedangkan bawang putih kating sebesar Rp40 ribu per kilogram.

“Selama dua bulan ritel-ritel (supermarket) harus menjual harga sesuai HET. Sejak 10 Mei hingga 30 Juni 2019. mereka juga harus mencantumkan logo Kementerain Perdagangan dan harga jual Rp35 ribu,” paparnya.

Himbauan soal di atas, lanjut Kania sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan No. 57 tahun 2017 dan Permendag No. 96 tahun 2018. Selain melihat kesesuaian harga dengan peraturan itu, Disdagin Depok juga tidak menemukan adanya produk makanan yang kadaluwarsa.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Disdagin Depok, Anim Mulyana menyebutkan, kemarin sidak ke beberapa supermarket di mal. Di antaranya Hypermart Depok Town Square, Giant Margo City, dan Carefour ITC Depok. Ketiga lokasi itu seluruh bahan pokok dinyatakan stabil.

“Daging, ayam, telur, minyak, beras, daging sapi beku, dan gula juga dibawah HET,” jelasnya.

Tidak berhenti di satu hari itu saja, Disdagin Kota Depok akan terus melanjutkan pengecekan ke sejumlah ritel tersebut. Apabila ditemukan ada perubahan, tidak segan-segan untuk melayangkan surat sanksi dengan melaporkan ke Dinas Perdagangan Provinsi Jawa Barat.

“Kami disini akan dilakukan pembinaan kita berikan teguran ditembuskan ke provinsi, krn perlindungan konsumen kewenangan provinsi,” pungkas Anim. (san)

You may also read!

Terima Kasih Masih Setia

RADARDEPOK.COM – Hari ini Harian Radar Depok berusia 9 tahun. Lahir 15 Juli 2010, di Jalan Raya Kartini No13,

Read More...

Ramai-ramai Sedot Air Tanah

RADARDEPOK.COM – Margonda amblas tinggal menunggu waktu. Hiruk pikuk padatnya jantung Kota Depok itu ternyata di dalam permukaan tanahnya,

Read More...

Agustus Pajak Air Tanah Naik

RADARDEPOK.COM – Tingginya penggunaan air tanah membuat Kota Depok berputar otak. 139  badan usaha wajib pajak pengguna air tanah

Read More...

Mobile Sliding Menu