Peendidikan Inklusi dengan Hati dan Kompetensi

In Pendidikan
PEMBAHASAN: Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Mohamad Thamrin (tengah) bersama Pemerhati Pendidikan Inklusi, Sulistyowati Triasih (kanan) dalam acara seminar dan bedah buku yang membahas tentang Layanan Pendidikan Inklusi dengan tema ‘Aku Bisa Belajar dan Berprestasi’. Foto: PEBRI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dalam rangka HUT ke-20 Kota Depok dan Hari Pendidikan Nasional, Dinas Pendidikan Kota Depok bersama dengan Yayasan Cahaya Mulia Cahaya Pendidikan Indonesia mengadakan seminar dan bedah buku yang membahas tentang Layanan Pendidikan Inklusi dengan tema ‘Aku Bisa Belajar dan Berprestasi’.

Ada enam pemberi materi dalam kegiatan yang diadakan di Aula Gedung PGRI Kota Depok tersebut, dan salah satunya adalah Pemerhati Pendidikan Inklusi, Sulistyowati Triasih. Dalam seminar yang dihadiri oleh 400 guru di Kota Depok tersebut, sekaligus launching buku karya Sulistyowati Triasih yang berjudul Mendidik Tanpa Syarat

Dalam kesempatan tersebut, Sulistyowati memberikan tips untuk guru dalam proses pembelajaran di kelas regular bersama anak berkebutuhan khusus (ABK). Dengan latar belakangnya sebagai guru di SD negeri yang membuka program inklusi, dia memberikannya banyak pengalaman dalam penanganan ABK dan juga memaksimalkan pendidikan untuk ABK.

“Pendidikan intinya untuk semua kalangan. Tidak terkecuali yang berlatar belakang ABK,” ucapnya.

Sulis-sapaannya- menuturkan, untuk melengkapi makna pendidikan terutama untuk inklusi, ada baiknya ABK dan anak normal berada di dalam satu sekolah. Dengan cara seperti itu, maka semua siswa saling membutuhkan, saling menghargai, dan menghormati satu sama lainnya. Jadi, bisa saling menutupi kekurangan dengan kelebihan yang dimiliki siswa lainnya.

“Karena sebenarnya mereka semua mempunyai kemampuan yang luar biasa, jika seorang guru mampu mengelolanya,” ucap Sulis yang merupakan penggagas dari seminar tersebut.

Sulis menjelaskan, jika seorang guru mampu memfasilitasi, memotivasi siswa untuk mengembangkan potensinya maka hal-hal yang bisa menjadi kelebihan dari siswa ABK akan lebih tereksplorasi. Akan tetapi untuk membuat sekolah inklusi, tidak semudah membalikan telapak tangan, terutama untuk menumbuhkan semangat gurunya. Karena untuk mendidik ABK, yang menjadi modal utama adalah hati dan ketulusan.

“Tidak hanya guru saja, keberhasilan pendidikan untuk ABK harus ada kerjsama antara guru dan juga orang tuanya. Karena, pendidikan tidak hanya di sekolah saja, tetapi juga di rumah,” terang Sulis yang sudah 10 tahun mengabdi di SDN Depok Baru 8.

Oleh karena itu, rencananya Sulis kedepannya akan membuat konsep kegiatan pendidikan inklusi yang lebih komprehensif. Sehingga, sasaran dan tujuan dari pendidikan inklusi akan lebih bisa diterapkan di sekolah, dan semua orang yang bergelut dalam dunia pendidikan bisa memberikan pendidikan yang tepat dan baik untuk ABK.

“Pemerintah ada baiknya fokus untuk pembinaan guru dalam pendidikan inklusi. Salah satu caranya, seperti dengan membuat tim yang fokus pada pengembangan kompetensi guru dalam mendidik ABK,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Depk, Mohammad Thamrin menuturkan, pihaknya sangat mendukung kegiatan seminar tersebut. Karena pendidikan inklusi harus mendapatkan dukungan dan perhatian sebagai sebuah hikmat pemerintah untuk memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat dalam mendapatkan keadilan.

“Pendidikan inklusi berarti sekolah mengakomodasi anak-anak yang memiliki perbedaan secara fisik, intelektual, sosial, emosional atau kondisi lainnya. Pemerintah akan memaksimalkan program sekolah inklusi di Kota Depok, agar semua lapisan masyarakat bisa mendapatkan pendidikan yang tepat dan layak,” katanya. (peb)

You may also read!

Terima Kasih Masih Setia

RADARDEPOK.COM – Hari ini Harian Radar Depok berusia 9 tahun. Lahir 15 Juli 2010, di Jalan Raya Kartini No13,

Read More...

Ramai-ramai Sedot Air Tanah

RADARDEPOK.COM – Margonda amblas tinggal menunggu waktu. Hiruk pikuk padatnya jantung Kota Depok itu ternyata di dalam permukaan tanahnya,

Read More...

Agustus Pajak Air Tanah Naik

RADARDEPOK.COM – Tingginya penggunaan air tanah membuat Kota Depok berputar otak. 139  badan usaha wajib pajak pengguna air tanah

Read More...

Mobile Sliding Menu