Libur Lebaran, BPJS Kesehatan Tetap Prima

In Metropolis

RADARDEPOK.COM, DEPOK-Peserta Jaminan Kesehatan-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tidak perlu khawatir jelang libur lebaran Tahun 2019. Mulai dari H-7 sampai H+7 Lebaran 2019 tepatnya 29 Mei-13 Juni 2019. Peserta JKN-KIS, tetap bisa memperoleh jaminan pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang ditunjuk BPJS Kesehatan, bahkan saat peserta mudik ke luar kota. Hal ini merupakan komitmen BPJS Kesehatan memberikan kemudahan portabilitas bagi peserta JKN-KIS.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok, Irfan Qadarusman mengungkapkan, peserta JKN-KIS yang sedang mudik lalu membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota. Maka, dapat mengunjungi Fasiliatas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut.

Layanan kesehatan tersebut bisa diperoleh peserta di FKTP yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Untuk daftar FKTP, dapat dilihat di aplikasi Mudik BPJS Kesehatan atau dengan menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400.

“Apabila tidak terdapat FKTP yang dapat memberikan pelayanan saat libur lebaran di wilayah tersebut, atau peserta membutuhkan pelayanan di luar jam buka layanan FKTP. Maka, peserta dapat dilayani di IGD rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pelayanan medis dasar,” ungkap Irfan  selepas acara Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan, kepada Harian Radar Depok, Senin (27/5).

Pada kondisi gawat darurat, kata dia seluruh fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS. Selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, seterta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis. Maka, akan dijamin dan dilayani. Fasilitas kesehatan juga tidak diperkenankan menarik iur biaya dari peserta.

“Saya menginginkan pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS yang status kepesertaannya aktif. Oleh karenanya, parta peserta JKN-KIS diharapkan disiplin membayar iuran khususnya peserta yang sedang mudik dan selalu membawa kartu JKN-KIS,” bebernya.

Menurutnya, untuk mengecek status kepesertaan dan melihat riwayat taguhan atau pembayaran iuran JKN-KIS. Dapat dilakukan melalui Mobile JKN. Selain  itu, pihaknya juga mengembangkan aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat di download secara gratis di playstore dan appstore.  Tak hanya itu, BPJS Kesehatan juga menyediakan pelayanan khusus kepada peserta JKN-KIS di Kantor Cabang Kabupaten dan Kota Pulau Jawa, dan beberapa Kantor Cabang lainnya di luar pulau Jawa. Layanan khusus JKN-KIS tersedia mulai 3, 4 dan 7 Juni 2019. mulai pukul 08:00-12:00 waktu setempat.

Sementara itu, Kepala RSUD Kota Depok, Asloeah Madjri menjelaskan, menerapkan 3 shift untuk IGD di cuti bersama lebaran dan 4 poli besar yang buka (diluar tanggal 5-6). Yaitu poli penyakit dalam, poli bedah, poli anak dan poli obgyn dan kebidanan. Untuk pelayanan bpjs di rsud terdapat mod (manager on duty) yg bertugas.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita menyampaikan, 11 puskesmas kecamatan tetap buka seperti biasa. Sementara puskesmas kelurahan di tanggal 5 dan 6 tutup selebihnya buka. Untuk klinik pratama rawat inap sebanyak kurang lebih 15 klinik dipastikan buka. Dan untuk klinik pratama rawat jalan di tanggal 5,6 tutup. Kembali buka sekitar tanggal 10 juni 2019.(san)

You may also read!

Ragam Kompetisi dan Aksi di Glabs Expo 2019

PEMBUKAAN : Global Islamic Labschool (Glabs) Expo 2019 telah dimulai dengan dibuka secara resmi oleh

Read More...

Kecamatan Sawangan Ingatkan Bahaya HIV dan Narkoba Kepada Siswa

INGATKAN : Susana sosialisasi P4GN terkait HIV kepada siswa SMP Islam Darul Irfan, Kecamatan Sawangan,

Read More...

90 Masyarakat Serua Diperiksa Kesehatan

PEDULI : Katar Kelurahan Serua bersama Fakultas Kesehatan UPN Jakarta, usai melakukan pemeriksaan kesehatan masyarakat

Read More...

Mobile Sliding Menu