Harga Sembako Naik Turun

In Utama
HARGA FLUKTUATIF : Warga saat berbelanja kebutuhan pokok di Pasar Agung, Jalan Proklamasi Raya, Kecamatan Sukmajaya, Kamis (16/5). Foto: AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Memasuki hari ke sebelas bulan Ramadan 1440 Hijriah, harga kebutuhan bahan pokok di sejumlah pasar tradisional Kota Depok mengalami kenaikan.

Salah satunya pantauan Radar Depok di Pasar Tugu, Cimanggis, Kamis (16/5). Di antaranya, cabai merah keriting mengalami kenaikan harga Rp2 ribu, dari Rp28 ribu menjadi Rp30 ribu per kilo, sedangkan cabai rawit hijau harganya turun Rp3 ribu, dari Rp30 ribu menjadi Rp27 ribu per kilo nya.

Kemudian, cabai rawit merah naik Rp6 ribu, dari Rp24 ribu menjadi Rp30 ribu per kilo. “Kalau harga cabai naik, mungkin karena ada gagal panen di musim hujan,” ungkap Asih, pedagang cabai di Pasar Tugu.

Kenaikan harga juga terjadi pada daging sapi. Sebelumnya harga daging sapi Rp115 ribu per kilo, naik sebesar Rp5 ribu menjadi Rp120 ribu per kilo.

“harga daging sapi di tempat saya baru naiknya per hari ini, sekitar Rp5 ribu naiknya,” kata pedagang daging sapi, Rudi.

Meski begitu, sejumlah harga bahan pokok terpantau masih stabil. Yakni, beras kualitas medium 2 masih Rp9.500 per kilo jenis Sentra Ramos. Sedangkan beras kualitas premium jenis Petruk ada di harga Rp12 ribu per kilonya.

“Pekan kedua Ramadan ini, belum ada kenaikan apa-apa. Masih stabil kalau harga beras,” tutur Dadang, pedagang beras di Pasar Tugu.

Senada dengan Dadang, pedagang ayam potong, Rofi menyebutkan, harga daging ayam masih stabil dan belum ada kenaikan atau pun penurunan harga sejak awal puasa hingga memasuki pekan kedua Ramadan.

“Ayam potong masih Rp38 ribu per kilonya,” ujar Rofi.

Sementara itu, harga telur di pasar tersebut masih terpantau stabil. Namun, diperkirakan kenaikan harga telur akan terjadi menjelang hari Lebaran nanti.

“Telur saat ini harganya Rp22.500 per kilonya. Biasanya kalau sudah dekat Lebaran baru ada kenaikan,” kata penjual telur, Rohim.

Selain di Pasar Tugu, awak media ini juga menyinggahi Pasar Cisalak. Di pasar ini, sejumlah bahan pokok cenderung mengalami penurunan harga. Misalnya telur ayam yang turun sebesar Rp500, dari harga Rp25 ribu per Kg, kini berada di harga Rp24.500.

“Hari ini (kemarin, Red) telur baru turun. Kita gak tahu kenapa. Tapi dari agennya memang sudah turun segitu,” ucap pedagang telur, Tuti kepada Radar Depok.

Berbeda dengan di pasar sebelumnya, harga cabai merah keriting di Pasar Cisalak mengalami penurunan Rp1.000, dari harga Rp22.000 per Kg menjadi Rp21.000 per Kg. Serta cabai rawit hijau turun sebesar Rp4 ribu, dari Rp24 ribu menjadi Rp20 ribu.

“Cabai lagi turun harganya. Kita belum tahu naik lagi apa enggak,” tutur pedagang cabai di Pasar Cisalak, Romlah.

Selain itu lanjut Romlah, harga bawang putih juga mengalami penurunan harga sebesar Rp2 ribu, dari sebelumnya Rp50 ribu menjadi Rp48 ribu per kilo. Sedangkan bawang merah masih stabil di harga Rp25 ribu. “Hanya bawang putih harganya turun sedikit,” pungkas Romlah. (dra)

You may also read!

Demokrat Depok Tolak KLB

RADARDEPOK.COM, DEPOK – DPC Partai Demokrat Kota Depok menolak keras rencana Kongkres Luas Biasa (KLB) yang diusulkan sejumlah pendiri

Read More...

Sebar Hoaks, Pria di Bojongsari Diringkus

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Diduga telah menyebarkan hoaks tentang ‘kasus Kivlan Zen direkayasa aparat’, seorang pria warga Bojongsari berinisial YM

Read More...

Miliki Ragam Barang Kuno, Simpan Borgol Zaman Belanda

RADARDEPOK.COM – Beragam barang kuno dan tergolong langka masih dimiliki H Rosidi yang tersimpan di rumahnya di Kelurahan Duren

Read More...

Mobile Sliding Menu