BPJS Kesehatan Utamakan Keterbukaan Informasi

In Metropolis
Foto : DOK BPJS KESEHATAN

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Sebagai badan hukum publik, BPJS Kesehatan terus mendukung terlaksananya keterbukaan informasi publik. Wujud nyata dukungan tersebut tampak dari hadirnya Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di BPJS Kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok Irfan Qadarusman mengungkapkan bahwa pengembangan sistem dalam keterbukaan informasi publik terus dilakukan oleh BPJS Kesehatan. Termasuk pengembangan aplikasi e-PPID dan peluncuran data sampel BPJS Kesehatan baru-baru ini.

“Sampai saat ini kami juga banyak mengelola permohonan data dari berbagai pihak. Bahkan banyak mahasiswa dari berbagai universitas yang melakukan penelitian di kantor kami. Ini membuktikan bahwa kami mendukung keterbukaan informasi publik,” ujar Irfan, kemarin (15/5).

Irfan mengungkapkan bahwa untuk mengajukan permohonan informasi di BPJS Kesehatan, maka pemohon informasi dapat mengajukan permohonan kepada PPID BPJS Kesehatan dengan melampirkan surat pengantar dari instansi, formulir permohonan informasi publik, pakta integritas, proposal penelitian, dan salinan identitas diri seperti KTP.

“Pengajuan kepada PPID BPJS Kesehatan dapat dilakukan melalui aplikasi e-PPID yang ada di website BPJS Kesehatan. Nantinya PPID BPJS Kesehatan akan melakukan verifikasi terhadap berkas permohonan tersebut,” ujar Irfan.

Sementara itu seorang mahasiswa dari salah satu universitas ternama yang melakukan penelitian di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Depok, Melani Alya Hamdi, mengungkapkan bahwa proses pengajuan permohonan informasi di BPJS Kesehatan sangat mudah dan cepat. Bahkan terkesan sangat praktis karena berkas permohonan dikirimkan dalam bentuk softcopy berupa PDF, sehingga dapat menghemat penggunaan kertas.

“Melakukan penelitian di BPJS Kesehatan juga tidak sulit. Bahkan proses izin penelitiannya pun cukup cepat, jadi saya bisa segera melakukan penelitian untuk skripsi saya. Selain itu, petugas BPJS Kesehatan juga sangat welcome dan membantu saya dalam melaksanakan penelitian,” ujar Melani.

Irfan berharap dengan dikembangkannya keterbukaan informasi publik di BPJS Kesehatan, maka akan banyak penelitian-penelitian yang dilakukan berkaitan dengan Program JKN-KIS. Menurutnya, hal tersebut sangat penting dalam pengembangan Program JKN-KIS agar berjalan dengan optimal. Sehingga dapat terus memberikan manfaat kepada masyarakat. (san)

You may also read!

Depok Tersisa Tiga Kloter

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemberangkatan jamaah calon haji asal Kota Depok gelombang ke-2 akan segera dimulai. Setelah sebelumnya kelompok terbang

Read More...

Korban Medsos 134 Kasus

RADARDPOK.COM, DEPOK – Belum lama ini viral di media sosial WhatsApp video yang memperlihatkan seorang pria mengalami gangguan jiwa,

Read More...

Gundar Ngaku Pakai Air Tanah

RADARDEPOK.COM, DEPOK-Kampus ternama di Kota Depok, Gunadarma (Gundar) akhirnya buka suara terkait penggunaan air tanah. Kampus di Jalan Margonda

Read More...

Mobile Sliding Menu