Walikota Ajak 2.000 Anak Gerimis Telur

In Utama
INOVATIF : Ribuan siswa bersama Walikota Depok Mohammad Idris, Ketua TP PKK Kota Depok Elly Farida dan sejumlah kepala OPD menggaungkan Gerimis Telur di Balaikota Depok, kemarin. Foto: SANI/RADARDEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK-Kota Depok berinisiasi meningkatkan pola pangan dan kecerdasaan tumbuh kembang anak. Caranya, dengan menggaungkan Gerakan Intensif Minum Susu dan Makan Telur (Gerimis Telur) tiap tahunnya. Tahun ini, sedikitnya 2.000 anak ditargetkan dapat rutin mengonsumsi makanan bergizi.

Walikota Depok, Mohammad Idris mengungkapkan, sebagai program yang memiliki manfaat berkelanjutan. Menurutnya, dengan rutin mengonsumsi makanan bergizi, dapat mencegah anak dari risiko tumbuh kerdil (stunting).

“Asupan makanan bernutrisi di masa anak-anak sangat penting. Selain agar mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik (sehat), juga menghindari kemungkinan stunting,” kata orang nomor 1 di Kota Depok ini, kemarin.

Kepada Harian Radar Depok, walikota menegaskan, guna mencetak anak-anak yang sehat, kuncinya adalah intensif. Yaitu mereka mengonsumsi telur dan susu, secara terus menerus, tidak hanya satu hari saja.

Menurutnya, program Gerimis Telur juga disosialisasikan secara rutin oleh jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok, serta menggandeng berbagai Perangkat Daerah (PD) lainnya, di antaranya Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok dan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok.

“Sosialisasi Gerimis Telur rutin disampaikan melalui sekolah, perangkat kecamatan, atau kelurahan, termasuk di Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). Dengan demikian, lahir satu kesepahaman yang sama terkait persoalan tumbuh kembang anak,” ucapnya.

Sementara, Kepala DKPPP Depok, Diah Sadiah menyebutkan, kegiatan ini diharapkan terus membudaya dalam kehidupan siswa, sehingga kebutuhan tubuh terhadap gizi dan protein tercukupi dengan baik.

“Tahun 2019, targetnya 2000 siswa SD. Untuk kegiatan hari ini di ikut 1000 siswa,” ujarnya.

Selain di balaikota, lanjutnya, kegiatan serupa juga akan dilaksanakan pada tanggal 29-30 April 2019 di setiap kecamatan. Pelaksanaan di kecamatan, kata Diah, merupakan permintaan dari masyarakat.

“Program ini dilaksanakan setiap tahunnya untuk meningkatkan pola pangan dan kecerdasaan tumbuh kembang anak. Rangkaian acara dibuat semenarik mungkin, agar para siswa tertarik,” katanya.

Dia menambahkan, rangkaian kegiatan tahun ini berupa makan bersama dan dongeng. Dongeng yang disampaikan berupa manfaat dari gizi seimbang bagi tubuh di masa pertumbuhan.

“Dongeng yang disampaikan berupa motivasi dan pengenalan manfaat dari mengonsumsi telur, ikan, dan susu. Biasanya para siswa diedukasi secara formal, barangkali dengan mendongeng bisa membuat mereka lebih tertarik,” tuturnya.

Diah berharap, dengan kegiatan yang masif dapat menambah pengetahuan dan kecerdasan anak di Kota Depok. Karena itu, dirinya berpesan kepada orang tua agar memperhatikan asupan gizi yang seimbang bagi anak.

“Tentunya hal ini tidak hanya menjadi peran penting bagi pemerintah, tetapi juga orang tua. Diharapkan setelah kegiatan ini, orang tua memperhatikan dan menyajikan asupan gizi seimbang pada anak,” pungkasnya.(san)

You may also read!

Poster K3 Akronim Poligami Dicopot

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Setelah ramai pro-kontra secure parking yang ada di kawasan Universitas Indonesia (UI), media sosial kembali dihebohkan

Read More...

53.712 Orang Berebut Bangku UI

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) untuk semua jenjang dan program pendidikan kembali digelar serentak di

Read More...

Mandiri Bikin Panik Nasabah Depok

RADARDEPOK.COM, DEPOK– Solehudin warga Kecamatan Beji, terkejut melilhat saldo tabungannya di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Mandiri SPBU Jalan

Read More...

Mobile Sliding Menu