UNBK dan USBN Bareng di Depok

In Pendidikan
PANTAU: Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Mohammad Thamrin saat memantau persiapan SD yang akan mengadakan USBN. Foto: SANI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Hari ini, tidak hanya untuk jenjang pendidikan SD/MI saja yang akan menjalani ujian sekolah, tetapi siswa di jenjang pendidikan SMP/MTs pun juga menjalani ujian sekolah. Untuk ujian sekolah di jenjang SD/MI, yakni Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), sedangkan yang SMP/MTs Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Mohammad Thamrin mengatakan, ini pertamakalinya kedua jenjang pendidikan tersebut menyelenggarakan ujian sekolah bersamaan. Untuk USBN di jenjang pendidikan SD/MI total ada 34.148 siswa yang ikut serta.

Rincian peserta untuk USBN, yakni ada 262 SD negeri dan 165 SD swasta yang ikut serta, dengan total jumlah peserta ada 28.108. Sedangkan yang dari MI ada 139 madrasah, dan siswa yang menjadi pesertanya ada 6.040 anak. Untuk soal-soal USBN bisa diambil tiap sekolah ke K3S masing-masing kecamatan tiap harinya.

Di hari pertama, yakni pada 22 April 2019 untuk UNBK mata pelajarannya adalah Bahasa Indonesia, lalu hari kedua ada Matematika, dan ketiga ada IPA. Mereka diberikan kesempatan untuk mengerjakan dari pukul 08.00 – 10 WIB.

“USBN jenjang pendidikan SD dilaksanakan 22 -24 April 2019. Ada tiga mata pelajaran yang diujikan, jadi satu mata pelajaran tiap harinya,” ucapnya kepada Radar Depok.

Thamrin menuturkan, sedangkan untuk jenjang pendidikan SMP/MTs, jumlah pesertanya ada 27.320 dari 26 SMP negeri, 185 SMP swasta, dan 73 MTs. Sedangkan untuk rincian pesertanya dari SMP ada 21.543 siswa yang ikut UNBK, dan dari MTs ada 5.777 siswa.

“Semoga saja baik USBN dan juga UNBK bisa berjalan dengan lancar, baik pendistribusian soal di SD ataupun kondisi server di SMP. Selain itu, semoga siswa-siswanya bisa mendapatkan hasil yang memuaskan,” terangnya. (san)

You may also read!

Poster K3 Akronim Poligami Dicopot

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Setelah ramai pro-kontra secure parking yang ada di kawasan Universitas Indonesia (UI), media sosial kembali dihebohkan

Read More...

53.712 Orang Berebut Bangku UI

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) untuk semua jenjang dan program pendidikan kembali digelar serentak di

Read More...

Mandiri Bikin Panik Nasabah Depok

RADARDEPOK.COM, DEPOK– Solehudin warga Kecamatan Beji, terkejut melilhat saldo tabungannya di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Mandiri SPBU Jalan

Read More...

Mobile Sliding Menu