Sampah Situ Pengarengan Segera Dibersihkan

In Metropolis

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Banyaknya sampah dan eceng gondok di Situ Pangarengan mendapat perhatian dari Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok. Sampah yang menumpuk akan segera dibersihkan oleh satgas SDA. Hal tersebut disampaikan Kabid SDA DLHK Depok, Citra Indah Yuliati.

Citra menyebutkan, pihaknya telah menurunkan satgas SDA guna membersihkan Situ Pangarengan.

“Kami segera menurunkan Satgas SDA untuk membersihkan sampah dan eceng gondok yang menumpuk,” tutur Citra kepada Radar Depok.

Dia menjelaskan pihaknya tidak hanya membersihkan satu situ saja, namun memperhatikan seluruh situ yang ada di Kota Depok, sehingga pembersihan situ dilakukan satu per satu.

“Kami terus melakukan pembersihan situ di seluruh Kota Depok, jadi harap bersabar jika belum semua tertangai, tapi pasti dibersihkan,” kata Citra.

Dia juga mengajak masyarakat sama-sama menjaga lingkungan untuk kenyamanan bersama, dan meminta warga tidak membuang sampah sembarangan terlebih di dalam aliran air. “Masyarakat sebaiknya bisa menjaga lingkungan mereka, karena mereka yang akan merasakannya sendiri,” tukas Citra.

Sementara itu, diberitakan sebelumnya keberadaan Situ Pangarengan sebagai daerah penampungan air yang akan masuk ke kawasan Taman Duta ternyata tidak maksimal. Pasalnya banyak tanaman eceng gondok hingga menutupi separuh dari luas Situ.

Belum lagi sampah yang masih tergenang di setiap sudut situ menambah sedimentasi yang mempersempit tempat penampungan air di Situ Pangarengan, Kecamatan Cimanggis.

Menurut warga Perumahan Taman Duta, Kecamatan Cimanggis, Fadel mengatakan, Situ Pangarengan tidak maksimal dalam menampung air, khususnya saat hujan datang. Sehingga air yang seharusnya tertampung terlebih dahulu, langsung membanjiri Perumahan Taman Duta selama bertahun-tahun.

“Kenapa sampah dan eceng gondok tidak segera dibersihkan, padahal menutup tempat penampungan air di Situ Pangarengan,” tukas Fadel.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Depok, Yeti Wulandari mengatakan, pihaknya akan mendesak Pemkot Depok dan Jasa Marga membuat sodetan dari Situ Pangarengan menuju Kali Ciliwung.

“Sempat ada kesepakatan antara Jasa Marga, dan Pemkot Depok untuk membuat Sodetan guna meminimalisir banjir. Tapi hingga kini belum juga terealisasi, dan kami ingin menegaskan kembali agar upaya tersebut bisa segera terlaksana,” tandas Yeti saat dihubungi. (rub)

You may also read!

Instansi Pemerintah yang Angkat Tenaga Honorer, Siap Kena Sanksi Ini

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, JAKARTA - Kementerian PAN-RB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan memberikan sanksi kepada instansi

Read More...
Ilustrasi pencabulan

Diculik, Perempuan 16 Tahun Asal Depok Diduga Dijadikan PSK

ILUSTRASI   RADARDEPOK.COM, DEPOK - Jajaran Polres Metro Kota Depok kembali berhasil membongkar aksi penculikan gadis remaja

Read More...
dahlan iskan

Makan Menko

  Oleh : Dahlan Iskan   PAK Jaya Suprana menghubungi saya. Paguyuban Punokawan akan audensi dengan Menko Polhukam, Prof. Dr. Mahfud MD.

Read More...

Mobile Sliding Menu