Rafa Tercatat di Rekor Muri

In Pendidikan
HEBAT: Kepala SMP Bintara, Indratini (kiri) bersama dengan Pertama Asarefa Renaisa (dua kiri) dan guru-gurunya. Foto: PEBRI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, PANCORANMAS – Pertama Asarefa Renaisa atau yang bisa disapa Refa siswa kelas VII dari SMP Bintara berhasil meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri) atas kemampuannya mengingat minimal empat halaman dari Ensiklopedia edisi National Geographic. Dimana, dalam empat halaman tersebut ada 100 informasi dari bahasa latin sampai dengan angka-angka.

Kepala SMP Bintara, Indratini mengatakan, itu adalah sebuah prestasi yang sangat membanggakan, karena bisa melakukan apa yang orang lain tidak bisa dilakukan, dan diakui secara nasional kemampuannya tersebut.

“Ini adalah sebuah hal yang membanggakan, dimana Rafa berhasil mencatatkan dirinya di buku Muri. Ini adalah bakat yang luar biasa dalam hal mengingat,” ucapnya kepada Radar Depok.

Indratini menuturkan, dalam meraih rekor Muri tersebut, Rafa diberikan kesempatan sepekan untuk menghafal empat halaman dari Ensiklopedia edisi National Geographic. Lalu pada saat sesi pertanyaan, dilakukan dengan sistem acak oleh panitia dan juri. Mereka yang menjadi juri ada dari Dinas Pendidikan dan Dosen Kedokteran Universitas Indonesia.

“Setelah berhasil menjawab semua pertanyaan berdasarkan ensiklopedia tersebut, diverifikasi oleh pihak Muri, dan Rafa layak untuk dicatat rekornya tersebut,” katanya.

Indratini menjelaskan, kemampuan yang dimiliki Rafa sebelumnya sudah teruji juga dengan meraih juara ketiga dalam 11th Indonesia Friendly Memory Championship 2019. Itu adalah sebuah kompetisi daya ingat dengan skala regional mencakup Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten pada 23 Maret 2019. Jadi dalam kejuaraan tersebut, Rafa mengingat 119 gambar dalam waktu 5 menit.

“Semoga kemampuan yang dimiliki Rafa bisa memotivasi siswa-siswa lainnya di SMP Bintara dan yang lainnya,” katanya.

Indratini menjelaskan, di tahun ini pihaknya membuka pendaftaran siswa baru untuk tahun ajaran 2019 – 2020. Dirinya pun membukan tiga rombongan belajar siswa kelas VII, dengan jumlah siswa tiap kelasnya ada 30 orang. (san)

You may also read!

12 Jamaah Umrah Meninggal

RADARDEPOK.COM, DEPOK-Ini sungguh tragis dan menyesakan hati. Niat tulus ingin beribadah ke tanah suci. 12 korban jamaah korban biro

Read More...

Kapolda Pantau Penghitungan Suara

RADARDEPOK.COM, DEPOK– Kapolda Metro Jaya, Irjen Gatot Eddy Pramono, melihat langsung proses penghitungan suara Pemilu serentak 2019 di Kota

Read More...

Calon Pemudik Masih Sepi

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Menjelang musim mudik Lebaran 2019, aktivitas di Terminal Jatijajar masih tampak sepi, kemarin (23/4). Hanya ada

Read More...

Mobile Sliding Menu