Pokdar Panmas Koordinasi Via Gowes

In Depok Sport
START: Camat Pancoranmas, Utang Wardaya mengangkat bendera penanda dimulainya kegiatan Gowes Sehat Bareng Pokdar Kamtibmas Sektor Pancoranmas di Lembah Gurame, Kelurahan Depok Jaya, Pancoranmas, Sabtu (30/3). Foto: POKDAR KAMTIBMAS SEKTOR PANCORANMAS FOR RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK–Hujan yang mengguyur, tidak menyurutkan semangat semangat peserta kegiatan Gowes Sehat Bareng Pokdar Kamtibmas Sektor Pancoranmas, di Lembah Gurame Kelurahan Depok Jaya, Pancoranmas, Sabtu (30/3).

Puluhan goweser sudah berkumpul di garis start, Taman Lembah Mawar sejak pukul 06:00 WIB. Lalu, dengan gegap gempita emulai gowes pukul 07:00 WIB. Dilepas Camat Pancoranmas, Utang Wardaya.

Mereka menyusuri lintasan sepanjang 18km dalam waktu satu jam. Meliputi garis start di Taman Lembah Mawar, Jalan Arif Rahman Hakim, Jalan Raya Citayam, Dipo, Jalan Pitara, dan kembali ke Taman Lembah Mawar.

Ketua Pokdar Kamtibmas Sektor Pancoranmas, Nuryadin Rahman menuturkan, Gowes diikuti 50-an anggota Pokdar dari 11 sub sektor se-Kecamatan Pancoranmas dan Cipayung yang dinaungi Polsek Pancoranmas.

Ditambah puluhan peserta dari komunitas Gowes Bersama (Gober) Depok, dan komunitas Ertiga Bicycle Club (Erbic).

”Kebetulan rekan-rekan dari Erbic-lah yang mencari rute dan menjadi petunjuk jalan selama kegiatan berlangsung,” Ujar Nuryadin kepada Harian Radar Depok di lokasi Gowes.

Dia menjelaskan, Gowes Bareng digelar dalam rangka mengenalkan Pokdar Kamtibmas kepada masyarakat umum. Terutama, tentang peran Pokdar sebagai mitra dan perpanjangan mata polisi di tengah masyarakat.

”Karena, ternyata masih banyak yang belum mengenal Pokdar. Bahkan, tidak sedikit yang menganggap kami organisasi kemasyarakatan (ormas),” papar Nuryadin.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua RW3, Kelurahan Depok Jaya, Pancoranmas ini menilai, Pokdar perlu menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat. Guna meningkatkan efisiensi dan efektifitas peran sebagai penjaga ketertiban dan keamanan.

”Kami perlu bersinergi dengan masyarakat. Paling tidak, biar koordinasi lebih mudah,” imbuhnya.

Selain mengenalkan Pokdar, Gowes juga diharapkan mampu menguatkan ikatan silaturahmi antar anggota Pokdar. Serta menjadi ajang koordinasi yang menyehatkan.

”Semoga, kegiatan ini bisa merapatkan barisan rekan-rekan anggota. Agar Pokdar bisa solid dan siap menyambut pelaksanaan Pemilu Serentak 2019,” katanya.

Pemilu menjadi momentum penting yang menjadi fokus Pokdar Kamtibmas Sektor Pancoranmas. Demi menjaga keamanan dan ketertiban, mereka berniat mengawal pemungutan suara di tiap TPS, dan berpatroli di lingkungan masing-masing.

”Semoga rekan-rekan selalu diberi kesehatan. Sehingga mampu bekerja sama dengan polisi menciptakan Pemilu Serentak yang damai dan jauh dari perpecahan,” harap Nuryadin.

Harapan senada disampaikan Lurah Depok Jaya, Syaiful Hidayat. Untuk itu, Syaiful menekankan perlunya menjalin sinergi antara Pokdar Kamtibmas dan Tiga Pilar.

Gowes bareng ini, adala kegiatan positif salah satu wujud sinergi itu,” ucapnya.

Syaiful mengapresiasi kinerja Pokdar Kamtibmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan. Dia mengaku terbantu dengan kehadiran Pokdar Sub Sektor 76 di lingkungannya.

Berkat partoli yang dilakukan anggota Pokdar, lanjutnya, Kelurahan Depok Jaya berhasil meminimalisir tindak kejahatan.

”Alhamdulillah sejauh ini semua aman. Pada hakekatnya, kehajatan akan terjadi kalau ada kesemapatan, yaitu ketika tidak ada orang. Jadi, harus selalu ada orang (patroli) untuk menjaga lingkungan,” ucapnya.

Menyambut Pemilu Serentak 2019, Syaiful mengimbau warganya memberikan suarat ke TPS. Tentang siapa yang dipilih, tentu hak masing-masing warga untuk menentukan.

”Semoga pemilu ini berjalan aman, damai, jujur dan mampu melahirkan pemimpin yang terbai,” pungkasnya. (mg2)   

You may also read!

Salah Input Lagi

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Setelah salah hitung di TPS 30 Kelurahan Bojongsari, Kecamatan Bojongsari. Salah hitung dan input pun kembali

Read More...

Harga Bumbu Dapur Naik

RADARDEPOK.COM, DEPOK-Pemilu efek dan jelang ramadan bahan-bahan bumbu dapur merangkak naik, kemarin. Kenaikannya tidak main-main. Cabe rawit, bawang putih,

Read More...

Bunda Elly Juara 1 Tingkat Jabar

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Bunda Literasi Kota Depok Elly Farida berhasil meraih Juara I pada Lomba Mendongeng Tingkat Provinsi Jawa

Read More...

Mobile Sliding Menu