Persatuan Bangsa Lebih Penting

In Politika
MENINJAU PPK : Kapolda Metro Jaya, Irjen Gatot Eddy Pramono didampingi Kapolresta Depok, Kombes Didik Sugiarto meninjau proses penghitungan suara Pemilu serentak 2019 di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), di Kecamatan Pancoranmas, Selasa (23/4). Foto: AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK Kapolda Metro Jaya, Irjen Gatot Eddy Pramono berpesan agar semua komponen bangsa menjaga situasi keamanan pasca dilakukannya pemungutan suara pada Rabu 17 April 2019.

Ia meminta kepada para pendukung yang tidak puas dengan hasil suara ini bisa menggunakan mekanisme yang ada. “Mari semua komponen bangsa terus menjaga kenyamanan. Kalau nanti ada yang tidak puas, silahkan menggunakan mekanisme yang ada,” kata Gatot saat meninjau PPK Pancoranmas, Selasa (23/4).

Lebih lanjut, kata Gatot, mekanisme yang bisa ditempuh dengan melaporkannya ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum (DKPPU), Bawaslu, dan Mahkamah Konstitusi.

“Ada bawaslu, DKPPU, kemudian ada Mahkamah Konstitusi (MK) bisa melalui itu yah tergantung dengan pelanggaran-pelanggaran yang ada sesuai ketentuan yang ada harus melalui itu,” beber dia.

Mantan Kapolresta Depok ini juga menegaskan agar masyarakat tidak menggunakan langkah-langkah inskonstituisonal. “Karena dalam suatu negara demokrasi kalau ada bukti-bukti, silahkan diajukan sesuai dengan aturan yang berlaku. Tapi tidak dengan cara-cara yang inkonstitusional,” katanya.

Dia mengatakan agar masyarakat mau menjaga, sehingga pasca pemilu semua tetap berjalan aman dan damai. Jangan sampai berakhir dengan perpecahan.

“Kesatuan dan persatuan bangsa itu lebih penting dari semuanya,” paparnya.

Ia meyebut Pemilu ini merupakan sarana untuk memilih pemimpin bangsa tapi selesai wajib kembali bersatu. “Setelah itu ayo perbedaan-perbedaan yang dulu ada yang dulu mendukung si A dan si B, ayo kita bersatu kembali mendukung Indonesia,” ucap dia.

Terakhir, dia ingin agar proses perhitungan suara di tingkat PPK berjalan aman dan lancar hingga akhirnya nanti di KPU RI.

“Kami akan menjaga supaya petugas di dalam PPK itu menjadi aman, karena yang kita jaga itu pertama kotak suaranya, kedua petugasnya, ketiga rangkaian kegiatan tersebut sehingga semuanya aman dan nyaman, itu tujuan kita,” ujar Gatot.

Adapun dalam kunjungan tersebut, ia didampingi Ketua KPU Kota Depok Nana Sobarma dan Kapolresta Kota Depok Kombes Didik Sugiarto. (rub)

You may also read!

Poster K3 Akronim Poligami Dicopot

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Setelah ramai pro-kontra secure parking yang ada di kawasan Universitas Indonesia (UI), media sosial kembali dihebohkan

Read More...

53.712 Orang Berebut Bangku UI

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) untuk semua jenjang dan program pendidikan kembali digelar serentak di

Read More...

Mandiri Bikin Panik Nasabah Depok

RADARDEPOK.COM, DEPOK– Solehudin warga Kecamatan Beji, terkejut melilhat saldo tabungannya di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank Mandiri SPBU Jalan

Read More...

Mobile Sliding Menu