Mengenal Kaleng Lani (3 habis)

In Metropolis
BENTUK KREATIFITAS: Lani saat menunjukkan berbagai macam jenis kreasi kaleng hasil lukisannya. Foto: AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Dengan mengurangi sampah yang dibuang di masyarakat diharapkan dapat menjaga kelestarian alam. Usaha kecil yang dilakukan Lani diharapkan mampu menjaga bumi dengan memanfaatkan limbah kaleng.

Laporan: Rubiakto

“Disamping berbisnis, kami juga berupaya meminimalisir sampah, demi menjaga liungkungan,” kata Lani.

Selain memproduksi, Lani kini juga membagi ilmu dengan membuka kelas melukis kaleng bagi anak-anak. “Tujuannya, agar mereka menyadari lingkungan dan bisa menyelamatkan bumi dengan program recycle, reduce, serta reuse, dengan peran saya yang kecil, saya bisa berpartisipasi menjaga bumi,” kata Lani.

Berhenti kerja menyusul krisis moneter, tak membuat Lani Cahyaningsari berhenti berkreasi. Ibu tiga anak ini mencoba berwiraswasta melukis sesuai dengan hobinya. Ia mencoba melukis di berbagai media, seperti kayu, keramik, hingga kaleng.

“Tapi, ketika (melukis) di kaleng, saya menemukan keunikan sendiri. Orang-orang menganggap ini masih jarang dan sangat unik.” ujar Lani.

Lani lalu memutuskan melukis di kaleng. Untuk media lukisnya, dia menggunakan kaleng bekas. Ia mendapatkannya kaleng bekas dari pedagang es buah atau kerabat dan tetangga terdekat.

Dalam melukis, Lani tak hanya mengandalkan keindahan. “Barang-barang yang saya ciptakan harus mempunyai nilai fungsi,” ujar wanita yang memiliki latar pendidikan arsitek ini.

Untuk temanya, ia biasanya menggambar macam-macam tumbuhan, hewan, huruf, atau angka-angka. “Bertema edukasi, sebagai sarana pengenalan,” kata Lani.

Selain itu, ia selalu menggunakan warna-warna cemerlang untuk setiap karyanya. “Warna cemerlang bisa merangsang pertumbuhan anak dan memberikan aura keceriaan dalam ruangan,” jelas Lani.

Selain mendisplay langsung di galeri, liputan media, menurut Lani, amat membantu memperkenalkan produk-produknya ke daerah. Yang tidak kalah penting, tambahnya, adalah internet. “Dengan internet, saya bisa mengupdate produk-produk saya yang baru,” ujar Lani dalam memasarkan produknya. (*)

You may also read!

12 Jamaah Umrah Meninggal

RADARDEPOK.COM, DEPOK-Ini sungguh tragis dan menyesakan hati. Niat tulus ingin beribadah ke tanah suci. 12 korban jamaah korban biro

Read More...

Kapolda Pantau Penghitungan Suara

RADARDEPOK.COM, DEPOK– Kapolda Metro Jaya, Irjen Gatot Eddy Pramono, melihat langsung proses penghitungan suara Pemilu serentak 2019 di Kota

Read More...

Calon Pemudik Masih Sepi

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Menjelang musim mudik Lebaran 2019, aktivitas di Terminal Jatijajar masih tampak sepi, kemarin (23/4). Hanya ada

Read More...

Mobile Sliding Menu