LPBB Ajarkan Sikap Disiplin

In Satelit Depok
PEMBUKAAN: Walikota Depok, Mohammad Idris memberikan sambutan dan semangat kepada peserta LPBB Season 3 di SMK YAJ Depok, Sabtu (13/4). Foto: SANI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – SMK YAJ Depok sukses menggelar lomba pasukan baris berbaris (LPBB), Sabtu (13/4). Berbeda dengan sebelumnya, LPBB Season 3 ini memperebutkan Piala Walikota Depok. Sebanyak 44 tim ikut berkompetisi dalam perhelatan akbar tahunan ini.

Walikota Depok, Mohammad Idris dalam sambutannya mengatakan, kegiatan baris berbaris mengajarkan sikap kedisiplinan sejak dini. Artinya disiplin dalam segala aturan, baik dalam baris berbaris dan kehidupan pribadi.

“Hidup ini juga ada aturannya, seperti pasukan baris berbaris. Insyaallah kalian (siswa) saat Indonesia emas di 2045, kalian yang mengisi jabatan kepemimpinan. Ini harus dicamkan, kedisiplinan nomor satu,” kata Idris dihadapan ratusan peserta lomba.

Di lokasi yang sama, Kepala SMK YAJ Kota Depok, Idham Khalid menuturkan, lomba ini terselenggara untuk mengisi waktu siswa dengan kegiatan yang produktif dan positif. Sehingga waktu luang yang dimiliki siswa tidak terbuang dengan sia-sia.

“Hasil dari capaian ini dengan kerja keras yang mereka berikan ketika lomba dapat mereka gunakan sebagai bekal di masa depan. Misalnya, untuk melanjutkan sekolah melalui jalur prestasi,” tuturnya.

Dia mengungkapkan, bahwa ekstrakurikuler paskibra di SMK YAJ Depok masuk dalam ekskul unggulan. Dimana para anggotanya dituntut untuk dapat menjadi pemimpin (pembina) paskibra di sekolah lain.

“Jadi ilmu itu harus diberikan ke orang lain, saya ingin mereka sedari dini bisa menjadi pemimpin,” paparnya.

Sementara itu, Ketua pelaksana LPBB Season 3, Yusuf Zamzami mengatakan, peserta lomba datang dari pelajar SD-SMA se-Jabodetabek. Dengan rincian yang berlomba, SD ada tiga tim, SMP 32 tim, dan untuk SMA 9 tim.

“SMK YAJ Depok menyatukan semua satuan pendidikan melalui kegiatan LPBB Season 3. sesuai dengan tema yang diangkat, yakni Satukan Jiwa, Satukan Langkah, dan Satukan Semangat,” kata Yusuf kepada Radar Depok.

Dia menjelaskan, tidak hanya memperebutkan piala bergilir Walikota, tapi juga belasan piala lainnya. Di antaranya, juara umum, utama, harapan, madya, bina, mula, purwa, caraka, potensial, terbaik, danton terbaik, variasi formasi terbaik, dan pasukan terfavorit.

“Kami juga gunakan juri terbaik dari Mabes TNI, PPI Kota Depok, dan satuan pelatih paskibra,” pungkasnya. (san)

You may also read!

12 Jamaah Umrah Meninggal

RADARDEPOK.COM, DEPOK-Ini sungguh tragis dan menyesakan hati. Niat tulus ingin beribadah ke tanah suci. 12 korban jamaah korban biro

Read More...

Kapolda Pantau Penghitungan Suara

RADARDEPOK.COM, DEPOK– Kapolda Metro Jaya, Irjen Gatot Eddy Pramono, melihat langsung proses penghitungan suara Pemilu serentak 2019 di Kota

Read More...

Calon Pemudik Masih Sepi

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Menjelang musim mudik Lebaran 2019, aktivitas di Terminal Jatijajar masih tampak sepi, kemarin (23/4). Hanya ada

Read More...

Mobile Sliding Menu