Dari Seni Tari hingga Senam Pagi

In Metropolis
TEMPAT BERKREASI : Sejumlah anak saat menampilkan tarian untuk memperingati hari Kartini yang diadakan oleh Gardu dan Irdu di kawasan Taman Lapangan Jawa, Kecamatan Beji, beberapa waktu lalu. Foto: AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM – Gabungan RW se-Depok Utara (GARDU) dan Ikatan Remaja dan Pemuda Depok Utara (IRDU) membuat Taman Lapangan Jawa yang di bangun Pemkot Depok tidak menjadi sia-sia. Pasalnya, mereka memberdayakan lokasi tersebut dengan berbagai kegiatan bagi warga sekitar.

Laporan : Ricky Juliansyah

Lenggak lenggok anak-anak kecil yang mengenakan pakaian adat daerah, menjadi pemandangan di salah satu sudut Taman Lapangan Jawa Kelurahan Beji. Mereka penuh percaya diri bak peragawati profesional yang tampil di atas catwalk.

Walaupun sesekali juga warga tertawa terpingkal-pingkal lantaran keluguan dan kelucuan yang dihadirkan anak-anak yang mengikuti lomba fesyen show dalam memperingati Hari Kartini di 2019.

Tidak hanya itu, sejumlah anak-anak sanggar tari pun unjuk kebolehan di Lapangan Jawa, kombinasi gerak dan musik, ditambah keahlian yang mereka asah membuat decak kagum warga yang hadir sore itu.

Awak Radar Depok yang kebetulan sedang mencari kopi di sana pun sempat menyaksikan kegiatan tersebut. Tidak lama, seorang warga yang duduk di bangku taman memanggil nama awak Radar Depok, adalah Wahyu Ramadani, kenalan Radar Depok sejak menjadi Pelatih Kiper di Persikad.

“Ini sejak taman dibangun, warga berinisiatif untuk memberdayakannya, jadi tidak sia-sia taman yang dibangun pemerintah menggunakan dana APBD,” tutur Wahyu.

Tak lama berselang, Wahyu mengenalkan awak Radar Depok dengan sesepuh dan warga yang hadir pada Minggu (21/4) bertepatan Hari Kartini.

Ketua GARDU, Mohammad Memet Madra S pun mau berbagi waktu dengan awak Radar Depok terkait kegiatan warga yang dilaksanakan di Taman Lapangan Jawa.

“Sebenarnya ini suatu program dari GARDU yang meliputi RW06, RW07, RW08, RW09, RW10 dan RW11, tapi lapangan ini ada di area RW07, RW08 dan RW09, jadi kami yang lebih berinisiatif. Sementara, IRDU tim eksekutornya mereka anak-anak muda di sini,” tutur Memet didampingi Pembina IRDU, Rizal Djosan.

Menurutnya, sesuai kesepakatan dari pengelolaan Taman Lapangan Jawa, akan menjadi taman yang ramah anak dan taman edukasi. Sehingga, sudah ada beberapa program dari IRDU dan Gardu, salah satunya setiap Sabtu dari pukul 08.00-12.00 WIB ada perpustakaan keliling gratis bekerjasama dengan Rumah Anak Indonesia. Di sini, pihaknya menyiapkan tempat dan fasilitas, sementara buku-buku dari Rumah Anak Indonesia.

Sementara, Minggu pagi, mereka mengumpulkan warga di Depok Utara untuk mengikuti senam, dari mulai anak-anak hingga orangtua mengikuti senam di lapangan.

“Semua warga boleh ikut senam di hari Minggu, ada lagi kegiatan lainnya. Seperti hari libur dan memperingati hari besar nasional. Hari ini kami memperingati Hari Kartini, jadi mengajak anak-anak untuk fashion show dan tari-tarian,” ucap Memet. (bersambung)

You may also read!

Dibongkar, Bangun, Dilarang Lagi

RADARDEPOK.COM, DEPOK-Setahun lalu tepatnya 15 Juli 2018, ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Grand Depok City dibongkar. Terbaru kemarin,

Read More...

Babinsa Belajar Aplikasi Panic Button

RADARDEPOK.COM, DEPOK– Kondusifitas perlu di jaga, apalagi saat Ramadan, dan berbarengan dengan pengumuman pemenang pemilu 2019. Guna menghalau kejadian

Read More...

Terinspirasi Kehidupan ART, Meniti Sejak 2009

RADARDEPOK.COM – Mungkin sebagian orang menganggap sampah tidak bermanfaat. Namun tidak bagi Serly Susanti, yang berjuang dan meniti karir

Read More...

Mobile Sliding Menu