Cegah Banjir Situ Pladen Dibersihkan

In Metropolis
KOMPAK: Kodim 0508/Depok dengan jajaran SDA Dinas PUPR Kota Depok, serta warga berfoto bersama usai membersihkan Situ Pladen di Kecamatan Beji, kemarin (24/4). Foto: RUBIAKTO/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Puluhan personel Kodim 0508 laksanakan karya bakti dengan membersihkan kawasan Situ Pladen, Kelurahan Beji Timur, Kecamatan Beji, Depok, Rabu (24/4).

Kegiatan sosial tersebut dilakukan bekerja sama dengan Bidang Sumber Daya Air (SDA), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Menurut Dandim 0508/Kota Depok, Letkol Inf Eko Syah Putra Siregar, mengatakan kegiatan tersebut adalah salah satu program Teritorial Angkatan Darat, Kodim 0508.

“Program ini juga bekerja sama dengan Pemerintah Daerah setempat,” kata Letkol Inf Eko Syah Putra kepada Radar Depok.

Kalau untuk lokasi khusus, lanjut dia, bisa dilakukan dimana saja, tidak harus di setu. Dia juga menjelaskan, pada April ini proses pembenahan atau pembersihan kawasan situ dilakukan selama lima hari.

“Usai Idul Fitri tahun ini, akan ada lagi karya bakti yang dilakukan. Namun kami masih mencari lokasi khusus tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang SDA Dinas PUPR, Citra Indah Yulianti ucapkan pihaknya akan mendukung penuh program karya bakti oleh TNI Angkatan Darat tersebut. Sebagai bentuk dukungannya, Citra mengerahkan sejumlah Satgasnya untuk terjun langsung membersihkan Situ Pladen.

“Aksi positif ini jelas harus kita dukung, bahu membahu menjaga lingkungan adalah tugas bersama,” kata Citra di lokasi.

Sedimentasi yang terjadi di kawasan Situ Pladen, kata dia, tidak dapat benahi oleh alat berat yang ada.

“Ini dilakukan sebagai pencegahan banjir. Kawasan yang tidak dapat dijangkau dengan alat berat akan dilakukan dengan cara manual,” ujarnya.

Dia berharap, Situ Pladen dapat dijaga oleh masyarakat dan tidak hanya mengandalkan pemerintah dalam pembenahan.

“Ayo masyarakat, kita jaga sama sama kawasan wisata daerah seperti Situ Pladen ini agar tetap bersih. Jangan buang sampah disini,” pungkasnya.

Selain itu, tampak juga Organisasi kepemudaan seperti Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI). Puluhan anggota Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pemantau Kinerja Aparatur Negara (Penjara). (rub)

You may also read!

Putus Asa, Pria di Pancoranmas Gantung Diri

PUTUS ASA : Jasad A (40), menggantung di plafon kamar mandi rumahnya, Kampung Baru Cagar

Read More...

Saat Ngariung Tepi Setu Pengasinan

DIALOG : Sejumlah aktivis saat mengikuti Ngariung Tepi Setu di Joglo Nusantara, Setu Pengasinan, Kelurahan

Read More...

Bendahara SD Tugu Ibu Dipanggil Polisi

SUASANA : Suasana di SD Yaspen Tugu Ibu saat kegiatan belajar mengajar, Senin (16/9). FOTO

Read More...

Mobile Sliding Menu