Calon Pemudik Masih Sepi

In Metropolis
MASIH SEPI : Masyarakat saat beraktifitas di kawasan Terminal Jatijajar, Kecamatan Tapos, kemarin. Memasuki bulan Ramadan suasana tempat tersebut masih terlihat sepi dan PO bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) pun belum terlihat intens menjual tiket mudik. Foto: AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Menjelang musim mudik Lebaran 2019, aktivitas di Terminal Jatijajar masih tampak sepi, kemarin (23/4). Hanya ada beberapa calon penumpang yang akan meneruskan perjalanan ke luar kota. Sejumlah PO Bus di terminal tersebut tampak sepi calon penumpang yang menghampiri.

Salah satu agen PO Bus Lorena Karina milik bu Mono juga sepi pengunjung. Dia mengatakan, calon pemudik baru akan memenuhi terminal saat bulan puasa berjalan. Atau minggu kedua di bulan puasa.

“Masih sepi banget kalau sekarang mah, paling penumpang yang mau ke luar kota secara dadakan yang datang beli tiket,” kata Bu Mono kepada Radar Depok, di Terminal Jatijajar, Jalan Raya Jakarta-Bogor.

Dia mengungkapkan, saat ini memang sudah ada beberapa calon penumpang yang menanyakan harga tiket ke PO bus miliknya. Namun pulang dengan tangan hampa, sebab pihaknya belum menerima harga perjurusannya dari PO Bus Lorena.

“Kami belum tahu harganya berapa, apakah naik atau turun. Karena baru keluar sekitar pertengahan puasa, disaat itu baru yang mau mudik mulai mencari tiket,” ungkapnya.

Bu Mono juga belum dapat memberikan informasi seputar kisaran harga setiap perjalanan mudik. Menurutnya, setiap tahun terbanyak calon pemudik pulang kampung ke wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Kalau ke Sumatera juga banyak, tapi tidak sebanyak yang mudik ke Jawa,” tegasnya.

Menanggapi sepinya pengunjung di Terminal Jatijajar, Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Dadang Wihana menjelaskan, lonjakan pemudik baru akan terlihat pada minggu ketiga puasa atau dua minggu menjelang lebaran.

“Penuhnya itu biasanya pas menjelang lebaran, kalau sekarang wajar masih sepi tapi sudah ada yang cari-cari informasi seputar harga tiket ke masing-masing PO Bus,” jelasnya.

Kini Terminal Jatijajar menjadi satu-satunya akses Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) beroperasi. Dadang mengungkapkan, tidak diberlakukan lagi aktivitas pembelian tiket mudik di luar terminal pada tahun ini.

Seperti halnya perkumpulan PO Bus di Jalan Raya Jakarta-Bogor tepatnya seberang Cimanggis Square. Hampir seluruh PO Bus disana telah ditertibkan oleh Dishub Kota Depok untuk pindah beroperasi di Terminal Jatijajar.

“Kalau masih ada yang kedapatan jual beli disana kami akan berikan tindakan, karena itu ilegal. Semuanya sudah wajib masuk di Terminal Jatijajar. Untuk di Terminal Depok juga tidak ada pembelian tiket di sana,” paparnya.

Dia menyebut, menjelang mudik lebaran 2019. Pihaknya akan tersebar di beberapa titik Jalan Raya Jakarta-Bogor, karena sepanjang jalan tersebut akses satu-satunya Bus melintas.

“Biasanya kami turunkan di beberapa titik untuk pengamana mudik, sekarang hanya di Jalan Raya Jakarta-Bogor,” pungkas Dadang. (san)

You may also read!

Dibongkar, Bangun, Dilarang Lagi

RADARDEPOK.COM, DEPOK-Setahun lalu tepatnya 15 Juli 2018, ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Grand Depok City dibongkar. Terbaru kemarin,

Read More...

Babinsa Belajar Aplikasi Panic Button

RADARDEPOK.COM, DEPOK– Kondusifitas perlu di jaga, apalagi saat Ramadan, dan berbarengan dengan pengumuman pemenang pemilu 2019. Guna menghalau kejadian

Read More...

Terinspirasi Kehidupan ART, Meniti Sejak 2009

RADARDEPOK.COM – Mungkin sebagian orang menganggap sampah tidak bermanfaat. Namun tidak bagi Serly Susanti, yang berjuang dan meniti karir

Read More...

Mobile Sliding Menu