2.888 Personel Siaga

In Utama
PERSIAPAN PENGAMANAN PEMILU : Kapolresta Depok Kombes Pol Didik Sugiarto didampingi Komandan Kodim 0508/Kota Depok Letkol Inf Eko Syah Putra Siregar meninjau kendaraan taktis Panser Anoa saat persiapan pengamanan Pemilu 2019 di Balaikota Depok, Senin (15/4). Foto: AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK–Besok tepatnya pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 berlangsung. Sebanyak 2.888 personel gabungan TNI-Polri di Kota Depok bergerilya menjaga Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan objek vital, selama proses Pemilu berjalan. Aksi siaga digaungkan demi berjalannya Pemilu yang aman dan lancar.

Kapolresta Depok, Komisaris Besar Didik Sugiarto mengatakan, kegiatan pengamanan Pemilu ini bertajuk Operasi Mantap Brata 2019. Seluruh personel tergabung dari unsur Polresta Depok, Satgas Polda Metro Jaya, Satgas Mabes Polri, dan Satgas BKO TNI.

“Total personel gabungan yang kita libatkan dalam operasi Mantap Brata 2019 adalah 2.888 personel. Nanti tersebar di TPS dan objek vital lainnya,” kata Didik kepada Harian Radar Depok usai apel gelar pasukan di Halaman Balaikota Depok, Jalan Margonda Raya, Senin (15/4).

Didik memaparkan, dari dua ribuan personel itu kurang lebih 1.400 personel di antaranya akan ditempatkan di TPS. Sisanya bertugas di tempat strategis, sentra ekonomi, dan patroli ke berbagai wilayah.

“Ini baru yang dari TNI-Polri ya. Kan nanti ada juga dari potensi masyarakat. Kalau Linmas (Satuan Perlindungan Masyarakat) itu kan per-TPS ada dua orang. Kita kalikan aja 5.775 TPS,” paparnya.

Orang nomor satu di Mapolresta Depok ini meminta, supaya masyarakat jangan takut untuk datang ke TPS pada 17 April 2019. Sebab pengamanan jalannya proses pemilu di seluruh TPS sudah terjamin keamanannya dengan hadirnya TNI-Polri.

“Kami akan upayakan semaksimal mungkin menyukseskan penyelenggaran pemilu di seluruh wilayah Kota Depok,” tegas Didik.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Depok, sebanyak 1.309.738 masyarakat yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) akan mencoblos di 5.775 TPS, besok (17/4).

Sementara itu, Dandim 0508/Depok, Letkol Inf Eko Syah Putra Siregar menyebutkan, pihaknya mengerahkan 762 personel untuk mengawal jalannya penyelenggaraan Pemilu 2019.

“Sebanyak 472 personel Bawah Komando Operasi (BKO), didatangkan dari sejumlah satuan di jajaran TNI AD, diantaranya Batalyon Arhanud 10, Bekangad, Detasemen Rudal 003 dan Divif 1 Kostrad,” ujar Dandim.

Selain pasukan juga ada dua panser yang diturunkan untuk mengantisipasi apabila terjadi kericuhan paska pencoblosan. “Kita ada standby force yang ditempatkan di Balaikota ini, terdiri dari satu SSK berkekuatan sekitar 100 prajurit beserta dengan Panser ini,” pungkas Dandim.(san)

You may also read!

Depok Tersisa Tiga Kloter

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemberangkatan jamaah calon haji asal Kota Depok gelombang ke-2 akan segera dimulai. Setelah sebelumnya kelompok terbang

Read More...

Korban Medsos 134 Kasus

RADARDPOK.COM, DEPOK – Belum lama ini viral di media sosial WhatsApp video yang memperlihatkan seorang pria mengalami gangguan jiwa,

Read More...

Gundar Ngaku Pakai Air Tanah

RADARDEPOK.COM, DEPOK-Kampus ternama di Kota Depok, Gunadarma (Gundar) akhirnya buka suara terkait penggunaan air tanah. Kampus di Jalan Margonda

Read More...

Mobile Sliding Menu