100 Pustakawan Digembleng Teknologi

In Metropolis
PELATIHAN: Sebanyak 50 Pustakawan sekolah mengikuti Bimtek bagi pengelola perpustakaan sekolah yang diinsiasi Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok, di Hotel Santika, Senin (15/4). Foto: SANI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Perpustakaan tempatnya mencari dan memperkaya wawasan pengetahuan. Supaya memudahkan mobilitas pengelola perpustakaan (pustakawan) di sekolah, mereka diajarkan cara mengelola perpustakaan berbasis teknologi. Mengingat dunia akan memasuki era digital 4.0.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok, Siti Chaerijah mengatakan, sebanyak 100 Pustakawan SD hingga SMP Negeri dan Swasta menjadi sasaran peningkatan kompetensi. Supaya terwujud pustakawan yang sesuai standar.

“Seorang pustakawan harus paham tidak boleh gagap teknologi, untuk itu kami menyasar 100 pustakawan di sekolah agar mereka memiliki kompetensi terbaik terkait tugas dan tanggung jawab dalam mengelola perpustakaan,” kata Siti kepada Radar Depok, di Hotel Santika, kemarin (15/4).

Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) dilakukan selama dua hari, dengan membagi dua angkatan kelompok. Per 15-16 April 2019 ditujukan bagi pustakawan SD sederajat, sedangkan 29-30 April 2019 untuk pustakawan SMP sederajat.

Sementara itu, Kepala Bidang Perpustakaan Diskarpus Kota Depok, Catur Sri Astuti mengungkapakan, di Indonesia terdapat 164.610 perpustakaan, 60 persen di antaranya  atau sekitar 113.541 merupakan perpustakaan sekolah. Kota Depok memiliki 689 perpustakaan sekolah dari 1.768 sekolah.

“Baru dua sekolah yang terakreditasi, sebagian besar perpustakaan belum memenuhi standar,” jelasnya.

Diskarpus Kota Depok terus menggenjot minat sekolah untuk meningkatkan kualitas masing-masing perpustakaan. Menurut Siti, dengan perpustakaan yang nyaman mampu meningkatkat minat baca.

“Rata-rata minat baca di Depok semakin meningkat, hasil survey 2018 mencapai angka 63,96 persen. Hasil ini dapat dijadikan pintu masuk untuk meningkatkan kegiatan literasi di sekolah,” tutup Catur. (san)

You may also read!

Depok Tersisa Tiga Kloter

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemberangkatan jamaah calon haji asal Kota Depok gelombang ke-2 akan segera dimulai. Setelah sebelumnya kelompok terbang

Read More...

Korban Medsos 134 Kasus

RADARDPOK.COM, DEPOK – Belum lama ini viral di media sosial WhatsApp video yang memperlihatkan seorang pria mengalami gangguan jiwa,

Read More...

Gundar Ngaku Pakai Air Tanah

RADARDEPOK.COM, DEPOK-Kampus ternama di Kota Depok, Gunadarma (Gundar) akhirnya buka suara terkait penggunaan air tanah. Kampus di Jalan Margonda

Read More...

Mobile Sliding Menu