USBN Komputer Perdana di SMAN 3

In Pendidikan
PERDANA: Siswa-siswa di SMAN 3 Depok sedang melaksanakan USBN dengan menggunakan komputer di sekolahnya. Foto: SANI/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, SUKMAJAYA – SMAN 3 Depok melaksanakan Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) dengan berbeda di tahun ini. Dimana, SMAN yang berlokasi di Jalan Raden Saleh, Kecamatan Sukmajaya tersebut, menerapkannya dengan berbasis komputer. Setiap mata pelajarannya ada soal pilihan ganda (PG) dan essay.

Kepala SMAN 3 Depok, Abdul Fatah mengatakan, ini adalah pertamakalinya di sekolahnya menerapkan USBN dengan sistem aplikasi di komputer. Seluruh siswanya mengenakan komputer, dengan hanya melaksanakan satu sesi saja tiap harinya.

“Total siswa kelas XII tahun ini yang ikut USBN ada 426 siswa. Mereka terdiri dari jurusan IPA ada 275 siswa, dan IPS ada 151 siswa,” ucapnya kepada Radar Depok.

Fatah menjelaskan, dengan menerapkan USBN berbasis komputer tersebut, maka bisa meminimalisir terjadinya kecurangan siswa. Karena, soalnya tiap siswa berbeda, yakni dengan menggunakan sistem acak soal. Jadi, antar siswa soalnya bisa berbeda-beda, bahkan jika sama posisi jawabannya bisa berbeda juga.

“Ini tentu saja untuk meningkatkan integritas siswa dalam kejujuran melaksanakan ujian di sekolah. Selain itu, dengan USBN berbasis komputer bisa mengurangi penggunaan kertas di sekolah, jadi bisa ramah lingkungan,” tuturnya.

Fatah menuturkan, sebelumnya pihaknya sudah melaksanakan uji coba dengan melaksanakan ujian berbasis komputer, dengan try out di sekolah. Dan setelah USBN berbasis komputer tersebut, kedepannya tidak hanya ujian berskala nasional tersebut saja, tetapi ujian kenaikan kelas dan juga ujian tengah semester juga akan diterapkan berbasis komputer.

“Tentunya harus terus berinovasi dalam dunia pendidikan. Jadi, mengikuti perkembangan jaman, agar sekolah bisa terus berbudaya yang baik untuk hal apapun,” jelasnya. (san)

You may also read!

Bojongsari Targetkan Cetak Wirausahawan Baru

RADARDEPOK.COM, BOJONGSARI – Meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat, Kecamatan Bojongsari mengadakan Pelatihan Wirausaha Kecamatan Bojongsari. Dalam kegiatan yang diadakan di

Read More...

Jalin Silaturahmi ke Warga dengan Olahraga

RADARDEPOK.COM – Banyak cara dalam menjalin kedekatan emosional dengan warganya, setiap karakter pemimpin pastinya juga mempengaruhi kiat yang digunakan.

Read More...

Rohiman Nahkodai RT03/10 Kelurahan Cipayung

RADARDEPOK.COM, CIPAYUNG – Rohiman menjadi nahkoda baru di RT03/10 Kelurahan/Kecamatan Cipayung usai meraih 98 suara dalam Pemilihan Ketua RT

Read More...

Mobile Sliding Menu