Tenggak Tramadol Sebelum nge-Begal

In Metropolis
TEGAS: Wakapolres Depok, AKBP Arya Perdana saat mengamankan pelaku aksi begal. Foto: Rubiakto / Radar Depok

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Rian Konang (23) diamankan Tim Buser Polsek Beji Depok, Rabu (13/3). Rian merupakan pelaku begal yang sudah beraksi di puluhan tempat. Pria bertubuh tinggi kurus ini berkali-kali membegal korban di Depok hingga Pasar Minggu Jakarta Selatan.  Catatan kepolisian, pelaku sudah 24 kali beraksi dan meresahkan warga.

“Wilayah operasinya di Beji. Kemudian di luar Depok dia beraksi di Jagakarsa, Pondok Labu dan Srengseng Sawah,” kata Kasat Reskrim Polresta Depok Kompol Deddy Kurniawan, Kamis (14/3).

Di Depok, Rian sudah beraksi 15 kali. Sedangkan sisanya dilakukan di Jakarta. Dia selalu bersama rekannya saat beraksi. Bahkan ketika melakukan penjarahan warung, Rian membawa gerombolan temannya yang kini masih dicari petugas.

“Rian ini eksekutor. Temannya ada yang jadi joki dan ikut-ikutan,” ungkap Deddy kepada Radar Depok.

Uang hasil kejahatan, Rian pakai untuk beli minuman keras dan obat terlarang. Hasil lainnya, uang ratusan ribu, ponsel, helm serta rokok. “Pengakuan pelaku sudah banyak yang dilakukan Rian dan temannya. Ini sudah meresahkan, kami segera tindaklanjuti,” tukasnya.

Sebelum tertangkap, Rian dan Alfiansyah (23) beraksi di atas fly over Universitas Indonesia dan di Jalan Ridwan Rais, Beji. Mereka berbagi peran ketika beraksi. Rian sebagai eksekutor, sedangkan Alfiansyah, joki. Aksi di atas fly over UI arah Kelapa Dua pada Rabu (13/3) dinihari pukul 01.45 WIB. Tak puas telah membacok korbannya, mereka berpindah aksi ke Beji tepat di Jalan Ridwan Rais sekitar puk 02.25 WIB. “Korban berkendara sepeda motor, saat itu melaju di jalan dan berpapasan dengan pelaku. Kemudian pelaku menyabet korban dengan senjata tajam,” ucap Deddy.

Korban mengalami luka di leher, kemudian dibawa ke rumah sakit guna mendapatkan perawatan. “Pelaku ingin mengambil atau menguasai barang barang milik korban,” paparnya.

Wakil Kepala Polresta Depok, AKBP Arya Perdana mengatakan, sebelum beraksi para pelaku menenggak minuman keras dan obat terlarang. “Sebelum aksi mereka mabuk dulu untuk meningkatkan kepercayaan diri. Ada yang mabuk obat dan miras,” kata Arya.

Penyidik masih mendalami kasusnya termasuk mendalami di mana saja aksi yang dilakukan keduanya. Dari tangan pelaku diamankan satu unit motor. Sedangkan celurit yang dipakai masih dicari. “Kami juga masih mengejar satu pelaku lagi,” ucap Arya.

Sementara itu, Rian mengaku sudah lima bulan melakukan tindak kejahatan. “Baru lima bulan, sebelumnya saya kerja jadi tukang parkir di sekitaran Margonda. Biasanya saya sama si Iyung (DPO) jalannya. Ngincer orang lagi jalan sendirian di tempat sepi,” kata Rian.

Dia mengaku membegal dan merampas untuk foya-foya. Bahkan, sengaja untuk membeli obat terlarang dan miras. “Buat jajan, buat beli Tramadol. Uang dari hasil nodong itu juga ga tentu jumlahnya, harus dibagi dua sama temen saya,” kata Rian.

Alfiansyah, pelaku lainnya mengatakan, dia membacok dua orang karena dendam. Pasalnya dia adalah korban pembegalan juga. Dia mengaku tidak berniat merampas harta korban. “Kalo saya ngga ngambil barang. Saya ikut muter mau nyari orang yang pernah rampas HP saya di Fly Over UI seminggu lalu. Kebetulan korban ciri–cirinya sama makanya langsung saya bacok,” ujarnya.

Setelah membacok korban di fly over UI, keduanya lari ke Jalan Ridwan Rais, Beji Timur. Pelaku kembali membacok korban berbeda. “Saya liat dia mirip kayak yang pertama saya bacok, terus saya turun saya bacok lagi. Itu senjata tajamnya emang udah saya siapin dari rumah buat bales dendam ke orang yang rampas HP saya,” pungkasnya. (rub)

You may also read!

Terduga Teroris Ditangkap di Pancoranmas

RADARDEPOK.COM, DEPOK-Setelah membekuk terduga teroris di Kelurahan Nanggewer, Cibinong Bogor beberpa hari lalu. Densus 88 anti teror kemarin menyasar

Read More...

5.000 FPI Depok ke KPU

RADARDEPOK.COM, DEPOK–Front Pembela Islam (FPI) Kota Depok, ikut berpartisipasi dalam unjuk rasa di hari pengumuman rekapitulasi Pemilihan Umum (Pemilu)

Read More...

Ada Pungli, Laporkan!

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemkot Depok melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok menjamin masyarakatnya dapat bermain tanpa

Read More...

Mobile Sliding Menu