SMKN 2 Siapkan 288 Komputer UNBK Dibagi 2 Sesi Tiap Harinya

In Pendidikan
UJIAN: Perwakilan dari Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Provinsi Jawa Barat Wilayah 2, Satari (kiri) didampingi Kepala SMKN 2 Depok, Tatang Komarudin saat berkeliling ruang UNBK. Foto: DICKY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, SAWANGAN – Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), SMKN 2 Depok kedatangan perwakilan dari Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Provinsi Jawa Barat Wilayah 2, Satari. Dalam kesempatan tersebut, Satari berkeliling melihat pelaksanaan UNBK di SMKN yang berlokasi di Jalan Abdul Wahab, Kecamatan Sawangan tersebut.

Kepala SMKN 2 Depok, Tatang Komarudin mengatakan, di hari pertama mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia. Satiri pun datang untuk melihat kelancaran dari pelaksanaan UNBK di SMKN 2 Depok. Dimana, di tahun pelajaran 2018-2019, ada 516 siswa kelas XII yang menjadi peserta UNBK.

“Rinciannya ada 314 siswa putra dan 202 siswa putri yang ujian dengan menggunakan delapan ruang kelas,” ucapnya kepada Radar Depok.

Tatang menuturkan, pada pelaksanaan UNBK di hari pertama tidak ada kendala, baik dalam penggunaan server atau soal yang dikerjakan siswa. Dimana, soalnya merupakan soal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diacak tiap siswanya, sehingga bisa meminimalisir kecurangan.

Ada lima kompetensi keahlian yang menjadi peserta UN, yakni Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), Teknik Audio-Video (TAV), Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU, Tata Boga, dan Tata Busana.

“Sementara itu, untuk jurusan Teknik Komputer Jaringan belum ada siswa kelas XII-nya,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia UNBK di SMKN 2 Depok, Lala Isum menuturkan, dalam UNBK di tahun ini, pengawas ruang ujiannya menggunakan sistem silang, yakni guru dari SMK lain, yakni delapan guru dari lima SMK. Sedangkan untuk komputer yang digunakan ada 288 unit, termasuk komputer cadangan.

“Setiap siswa diberikan waktu 120 menit untuk mengerjakan soal UNBK tiap harinya. Mata pelajarannya ada empat yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Teori Kejuruan,” terangnya. (dic)

You may also read!

12 Jamaah Umrah Meninggal

RADARDEPOK.COM, DEPOK-Ini sungguh tragis dan menyesakan hati. Niat tulus ingin beribadah ke tanah suci. 12 korban jamaah korban biro

Read More...

Kapolda Pantau Penghitungan Suara

RADARDEPOK.COM, DEPOK– Kapolda Metro Jaya, Irjen Gatot Eddy Pramono, melihat langsung proses penghitungan suara Pemilu serentak 2019 di Kota

Read More...

Calon Pemudik Masih Sepi

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Menjelang musim mudik Lebaran 2019, aktivitas di Terminal Jatijajar masih tampak sepi, kemarin (23/4). Hanya ada

Read More...

Mobile Sliding Menu