Siswa-siswi Pasanggiri Beji Kota Depok Hasilkan Juara

In Satelit Depok
KOMPETISI: Siswa sedang membuat aksara sunda dalam lomba Pasanggiri tingkat Kecamatan Beji.  Foto: Pebri / Radar Depok

RADARDEPOK.COM, BEJI – Mencari siswa yang akan menjadi wakil Kecamatan Beji untuk berlaga di perlombaan Pasanggiri tingkat Kota Depok, Kecamatan Beji mengadakan lomba tersebut untuk tingkat kecamatan. Total ada lima mata lomba yang diikuti siswa perwakilan dari 35 SD negeri dan swasta yang ada di Kecamatan Beji.

Koordinator Panitia Pasanggiri Kecamatan Beji, Engkoy Rukoyah mengatakan, lima mata lomba tersebut, yakni ada ngadongeng, pupuh, kawih, maca sajak, biantara, dan membaca menulis aksara Sunda. Semua mata lomba tersebut dibagi jadi dua kategori, yakni ada untuk siswa putra dan siswa putri.

“Nantinya, dari tiap mata lomba dan kategorinya, yang menjadi juara pertama dan kedua menjadi wakil Kecamatan Beji untuk berlomba di Pasanggiri tingkat Kota Depok,” ucapnya kepada Radar Depok.

Engkoy menjelaskan, tentunya siswa yang maju ke tingkat Kota Depok akan mendapatkan pembinaan dan pelatihan terlebih dahulu. Karena, nantinya siswa-siswa terbaik dari tiap kecamatan di Kota Depok akan bertemu untuk mencari yang terbaik lagi, dan menjadi wakil Kota Depok untuk berkompetisi di Pasanggiri tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Semoga saja, siswa dari perwakilan Kecamatan Beji ada yang bisa maju sampai ke tingkat Provinsi Jawa Barat, dan meraih hasil yang baik di tingkat provinsi tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Kasi SMP, Bahrudin yang hadir mewakili Dinas Pendidikan Kota Depok di Pasanggiri tingkat Kecamatan Beji mengatakan, sebagai daerah yang termasuk dalam kawasan Provinsi Jawa Barat, tentunya memiliki peran juga untuk melestarikan seni dan budaya daerahnya, dan salah satunya adalah bahasa Sunda.

“Siswa sebagai generasi penerus bangsa, tentunya harus mengenal seni dan budaya daerahnya. Oleh karena itu, dengan adanya pasanggiri tentu jadi salah satu cara untuk melestarikannya,” tuturnya. (peb)

You may also read!

Korban 21 Mei Tembus Dada-Leher

DEPOKRADARDEPOK.COM, DEPOK–Awan kelabu menyelimuti rumah dengan No51 RT2/7, Kelurahan Grogol, Limo. Isak tangis keluarga pecah sejadinya ketika jenazah Farhan

Read More...

Habis Magrib Langsung Pecah

RADARDEPOK.COM, DEPOK- Jakarta Siaga Satu, kondisi Jakarta lebih mencekam dari hari sebelumnya, Selasa (21/5). Sejumlah ruas jalan yang menuju

Read More...

Korban 21 Mei Tembus Dada-Leher

RADARDEPOK.COM, DEPOK–Awan kelabu menyelimuti rumah dengan No51 RT2/7, Kelurahan Grogol, Limo. Isak tangis keluarga pecah sejadinya ketika jenazah Farhan

Read More...

Mobile Sliding Menu