Prakata Rienova Serry Donnie di Musrenbang 2019

In Politika
UNDANGAN: Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Depok, Rienova Serry Donnie bersama anggota dewan lainnya saat menghadiri Musrenbang Tingkat Kota Depok di Hotel Bumi Wiyata, Jalan Margonda Raya, Kecamatan Beji. Foto: Ricky / Radar Depok

Kuatkan Daya Saing Ekonomi Depok Secara Global

Dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kota Depok tahun 2019, Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Depok, Rienova Serry Donnie menjadi narasumber di bidang Ekonomi. Apa saja yang disampaikan?

Laporan : Ricky Juliansyah / Radar Depok 

Daya saing daerah dapat didefinisikan sebagai kemampuan suatu daerah untuk melakukan tindakan dalam memastikan, bisnis yang berbasis di daerah tersebut mempunyai tingkat nilai tambah yang lebih tinggi, dan karenanya menyumbang pada peningkatan PDB dan distribusi kesejahteraan lebih luas dalam masyarakat.

Daya saing daerah adalah kemampuan perekonomian daerah dalam mencapai pertumbuhan tingkat kesejahteraan yang tinggi, dan berkelanjutan dengan tetap terbuka pada persaingan domestik dan internasional.

Sementara berdasarkan data yang dirilis World Economic Forum (WEF) tahun 2018, Indonesia berada di posisi ke 45 dari 140 negara dalam indeks daya saing global atau Global Competitiveness Index 2018.

Sedangkan, prioritas pembangunan Kota Depok tahun 2020, yakni membangun infrastruktur publik dan penataan kota yang ramah dan nyaman, meningkatkan daya saing ekonomi melalui pengembangan Ekonomi Kreatif, meningkatkan kualitas lingkungan hidup, meningkatkan Ketahanan keluarga dan sosial kemasyarakatan yang ramah dan religius, percepatan pengurangan kemiskinan dan pengangguran dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang kokoh dan mandiri.

“Berdasarkan misi kota Depok, Tema pembangunan Kota Depok tahun 2020 dan Prioritas pembangunan Kota Depok tahun 2020, Daya saing perekonomian kota Depok dapat menjadi fokus utama demi meningkatkan kesejahteraan rakyat,” tuturnya.

Sesuai dengan Bidang Tugas dari Komisi B DPRD Kota Depok, dalam rangka meningkatkan daya saing perekonomian Kota Depok, maka terdapat beberapa hal yang perlu di cermati dan dibahas bersama, antara lain, di bidang perdagangan dan perindustrian, di bidang pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, peternakan dan ketahanan pangan, bidang pasar, koperasi dan usaha mikro, bidang perpajakan dan retribusi, bidang perusaan daerah, bidang aset daerah, bidang penanaman modal/dunia usaha dan bidang pariwisata.

“Adapun hal hal tersebut berasal dari aspirasi masyarakat, permasalahan yang ada dan berkembang di kota Depok serta berdasarkan hasil pengawasan yang di lakukan oleh Komisi B DPRD Kota Depok,” ucap Rienova. (*)

You may also read!

Terduga Teroris Ditangkap di Pancoranmas

RADARDEPOK.COM, DEPOK-Setelah membekuk terduga teroris di Kelurahan Nanggewer, Cibinong Bogor beberpa hari lalu. Densus 88 anti teror kemarin menyasar

Read More...

5.000 FPI Depok ke KPU

RADARDEPOK.COM, DEPOK–Front Pembela Islam (FPI) Kota Depok, ikut berpartisipasi dalam unjuk rasa di hari pengumuman rekapitulasi Pemilihan Umum (Pemilu)

Read More...

Ada Pungli, Laporkan!

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemkot Depok melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok menjamin masyarakatnya dapat bermain tanpa

Read More...

Mobile Sliding Menu