PRA Disosialisasi ke Kader Posyandu 

In Satelit Depok
DISOSIALISASI: Suasana sosialisasi PRA di Kelurahan Cisalak. Foto: Indra Siregar / Radar Depok

RADARDEPOK.COM, CILASAK – Dalam rangka merealisasikan Depok sebagai Kota layak anak (KLA), serta untuk meningkatkan kualitas pelayanan anak agar sesuai dengan kebutuhan anak di Kelurahan Cisalak, Sukmajaya, TP PKK Kecamatan Sukmajaya memberikan sosialisai Posyandu Ramah Anak (PRA) kepada  55 kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di Kelurahan Cisalak.

Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Sukmajaya, Yulia Oktavia mengatakan, program PRA diinisiasi untuk meningkatkan kualitas penerus bangsa. Salah satunya di aspek kesehatan, guna mewujudkan anak-anak yang sehat dan kuat.

Mewujudkan KLA menjadi tanggung jawab semua pihak, tidak terkecuali Posyandu. Dari lima hak anak, keberadaan PRA berperan di aspek hak kesehatan dan kesejahteraan dasar,” katanya.

Yulia menerangkan, PRA  memiliki empat indikator. Pada aspek SDM, tujuannya agar kader Posyandu memahami hak-hak anak. Sementara di aspek pelayanan, katanya, kader diajak untuk memenuhi enam standar pelayanan. Yaitu senyum, sapa, salam, memuji, mendengarkan, dan berterima kasih.

“Anak harus disambut dengan senyum, jangan membawa masalah rumah tangga saat bekerja di Posyandu. Selain itu, gaya komunikasi dengan anak juga harus lebih persuasif,” ujarnya.

Dikatakannya, PRA juga mencakup tertib administrasi. Termasuk, dukungan data anak yang dipilah berdasarkan jenis kelamin dan umur.

“Sementara di bidang sarana dan prasarana, minimalnya memiliki pojok baca, dongeng, bermain, dan poster kawasan bebas rokok,” tutupnya.

Di tempat yang sama, Lurahan Cisalak, Wiyana mengaku optimis para kader Posyandu di wilyahnya bisa memberikan pelayanan yang maksimal kepada anak–anak yang ada di wilayahnya. Sehingga lewat sosialisasi yang diberikan TP PKK Kecamatan Sukmajaya akan semakin memantapkan peran Posyandu di wilayahnya.

“Kelurahan Cisalak akan berpartisipasi dalam pemenuhan hak anak di wilayah kami guna terealisasinnya KLA di Depok,” pungkasnya. (dra)

You may also read!

Korban 21 Mei Tembus Dada-Leher

DEPOKRADARDEPOK.COM, DEPOK–Awan kelabu menyelimuti rumah dengan No51 RT2/7, Kelurahan Grogol, Limo. Isak tangis keluarga pecah sejadinya ketika jenazah Farhan

Read More...

Habis Magrib Langsung Pecah

RADARDEPOK.COM, DEPOK- Jakarta Siaga Satu, kondisi Jakarta lebih mencekam dari hari sebelumnya, Selasa (21/5). Sejumlah ruas jalan yang menuju

Read More...

Korban 21 Mei Tembus Dada-Leher

RADARDEPOK.COM, DEPOK–Awan kelabu menyelimuti rumah dengan No51 RT2/7, Kelurahan Grogol, Limo. Isak tangis keluarga pecah sejadinya ketika jenazah Farhan

Read More...

Mobile Sliding Menu