Ayo, Biasakan Naik Angkutan Umum

In Metropolis
MASIH BELUM TERATASI : Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan pada saat akhir pekan di kawasan Jalan Margonda Raya. Foto: AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Mayoritas warga Kota Depok biasanya menghabiskan waktu di Jakarta untuk bekerja. Alhasil, kemacetan terjadi pada saat jam sibuk, pagi dan sore. Namun, terparah kemacetan terjadi setiap akhir pekan.

Dari total 2,3 juta penduduk Kota Depok, banyak yang tumpah-ruah di jalanan demi menghabiskan akhir pekan bersama teman dan sanak keluarga.

Menyikapi fenomena ini, Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan, berdasarkan data perjalanan manusia yang diterima setiap harinya ada 1,9 juta perjalanan di wilayah Kota Depok.

“Hari kerja 60 persen dari 1,9 juta perjalanan, itu warga Depok yang beraktivitas ke daerah tetangga. Yaitu ke Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi,” tutur Idris.

Sementara 40 persennya adalah warga Jabotabek yang masuk ke Depok. Dengan kondisi seperti itu saja pada hari kerja, Depok sudah macet. Namun, pada akhir pekan jalanan di Depok jauh lebih padat merayap, karena saat itu hanya lima persen warga yang keluar dari Depok.

“Yang mengagetkan adalah kemarin data perjalanan manusia di Depok. Sabtu dan Minggu 95 persen warga Depok itu bermainnya di Kota Depok,” kata Idris.

Berdasarkan data tersebut, Idris baru paham penyebab kemacetan parah di sejumlah ruas jalan protokol tiap Sabtu dan Minggu. Jalan-jalan tersebut antara lain Jalan Raya Margonda, Jalan Raya Siliwangi, Jalan Raya Kartini, Jalan Raya Dewi Sartika, dan Jalan Raya Sawangan.

“Makanya wajar kalau bapak-ibu pada Sabtu-Minggu, mengalami, saya bilang bukan macet lagi, tapi stuck,” paparnya.

Oleh karena itu, Idris mengimbau warga Kota Depok mulai beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan umum. Dia juga berharap masyarakat membudayakan naik sepeda.

“Budaya main sepeda harus kita sosialisasikan, agar warga Kota Depok tidak menggunakan kendaraan pribadi,” ucapnya. (rub)

You may also read!

Tidak Bergarasi Denda Rp20 Juta 

RADARDEPOK.COM, DEPOK-Pemkot Depok tidak main-main, dengan revisi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Bidang Perhubungan. Aturan

Read More...

Masuk UI Mengular

RADARDEPOK.COM, DEPOK–Gejolak rencana penerapan Secure Parking di kawasan Kampus Universitas Indonesia (UI) masih terus berlanjut. Kemarin, tak hanya mahasiswa

Read More...

Serba “Paket Khusus” di Tewink Salon

RADARDEPOK.COM, DEPOK –  Tewink Salon Muslimah cabang Margonda terus berikan kenyamanan bagi para pelanggan setia. Bagi para karyawan kini

Read More...

Mobile Sliding Menu