Pro-Kontra Bagasi Berbayar di Indonesia

In Utama
IST
MENAMBAH BIAYA PENUMPANG: Penerapan bagasi berbayar pada pesawat penerbangan berbiaya murah atau Low Cost Carrier tidak hanya terjadi di Indonesia.

 

Negara Maju Buat Kebijakan Serupa

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan bahwa penerapan bagasi berbayar pada pesawat penerbangan berbiaya murah atau Low Cost Carrier (LCC) tidak hanya terjadi di Indonesia.

=============

“Jadi banyak penerapan ini tidak hanya di negara kita. Banyak maskapai LCC yang sesuai regulasi tadi dapat dikenakan biaya tersebut menerapkan bagasi berbayar,” ujar Kasubdit Sistem Informasi dan Pelayanan Angkutan Udara Kemenhub, Putu Eka Cahyadi di Jakarta, Jumat (1/2).

Dia mengatakan, beberapa negara lain seperti di Irlandia, Inggris, China, Australia dan lainnya. “Jadi tidak memberikan bagasi cuma-cuma. Kalau bawa diri kita saja itu ekonomis,” tuturnya.

Dia menjelaskan, maskapai penerbangan yang melakukan bagasi berbayar sudah berjalan saat ini, Kemenhub sudah melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi kelancaran dan ketertiban di bandara.

“Antara lain meningkatkan koordinasi di internal kita di otoritas, badan usaha dan unit penyelenggara bandara. Untuk memastikan perubahan ini berjalan dengan baik di lapangan,” katanya.

Dia juga menambahkan, pihaknya akan memohon bantuan kepada kepala otoritas bandar udara dan unit penyelenggara bandar udara untuk berkoordinasi secara insentif dengan kepala perwakilan atau station managher kepada maskapai yang sudah melaksanakannya.

“Kita juga sudah menugaskan kepada inspektur angkutan udara pada kantor otoritas bandara dan di kantor pusat unutk melakukan pemantauan dan mengevaluasi berjalannya bagasi berbayar yang saat ini sudah berjalan,” ujarnya. (ram/okz)

You may also read!

Berpikir Cerdas Sebelum Berujar

Pengamat Pendidikan nasional dan Sosial Oleh Drs. Supartono, M.Pd. Kendati Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) telah memakan

Read More...

BPJS Kesehatan Gencar Sosialisasi

  Terjun Langsung ke Masyarakat DEPOK – Dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat tentang Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat

Read More...

Sukma Food Launching Lima Gerai

  DEPOK – Sukma Food yang berada di wilayah Kecamatan Sukmajaya kemarin (14/2) secara serentak meresmikan lima gerai. Adapun

Read More...

Mobile Sliding Menu