Penguatan Metodologi serta Kompetensi

In Pendidikan
IST
Muhadjir Effendy

 

Mendikbud

1.000 Guru Digembleng di Luar Negeri

Kemendikbud akan mengirim 1.000 guru untuk dilatih di 15 negara selama tiga pekan. Langkah ini dilakukan untuk penguatan metodologi dan kompetensi para pendidik tersebut. Negara-negara yang menjadi tujuan ialah Finlandia, Korea, Jerman, Jepang, Prancis, Singapura, China, Hong Kong.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menjelaskan, pelatihan yang akan diberikan kepada para guru ini akan berbeda-beda.

Kendati demikian, arahnya untuk penguatan metodologi serta untuk penguatan kompetensi. “Intinya, kalau dikirim ke luar negeri wawasannya lebih terbuka. Ini juga dikirim ke negara-negara yang bisa jadi referensi, contoh, bench mark oleh guru yang akan dikirim,” ujar dia.

Menurut dia, para guru yang dikirim merupakan para guru yang berprestasi dalam sejumlah program. Selain para guru yang juara, seleksinya juga dilakukan berdasar asesmen yang dilakukan Kemendikbud melalui rekam jejak.

“Kemendikbud akan terus berusaha agar pelatihan guru ke luar negeri akan terus berlanjut, sehingga mereka pun akan memiliki banyak pengalaman,” kata mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini.

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Supriano mengungkapkan, para guru yang terpilih program ini akan berangkat akhir bulan ini. Menurut dia, langkah ini di lakukan semata dalam rangka fokus ke pengembangan sumber daya manusia. “Pendidikan yang baik itu pengaruhnya ke guru,” katanya di kantor Kemendikbud kemarin.

Supriano meminta para guru dapat meningkatkan kompetensinya dalam proses pembelajaran dengan melihat perbandingan dari beberapa negara lain yang sudah maju.

Menurut dia, proses pendidikan yang baik akan tercipta di sekolah oleh guru yang kualitasnya baik pula. “Selanjutnya, Kemendikbud berharap akan ada perubahan dalam proses pembelajaran di sekolah ketika para guru ini telah mendapat pembekalan ilmu baru,” ujar dia. (net)

You may also read!

603 Siswa SMK Numpang UNBK

RADARDEPOK.COM, DEPOK–Seluruh siswa kelas XII SMK Negeri dan Swasta di Indonesia menjalani Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Senin-Kamis (25-28/3).

Read More...

BTFA Tembus 16 Besar Piala RK

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Beji Timur Football Academy (BTFA) kembali membuktikan eksistensinya di kancah pembinaan pesepak bola usia dini Jawa

Read More...

Usai Fisik Kini Latihan Teknik

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Satu demi satu periodisasi program latihan dilalui tim pencak silat pelajar Kota Depok, demi hasil terbaik

Read More...

Mobile Sliding Menu