Bantu Warga Miskin Jadi Peserta JKN-KIS

In Metropolis
SINERGI: BPJS Kesehatan Kota Depok dan Baznas Kota Depok bekerjasama membantu warga miskin menjadi peserta JKN-KIS. Foto:SANI/RADAR DEPOK

DEPOK – BPJS Kesehatan Cabang Depok bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok, mengoptimalkan pendaftaran penduduk miskin menjadi bagian pada program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Langkah tersebut guna memastikan terlindunginya masyarakat Kota Depok melalui jaminan kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Depok, Irfan Qadarusman mengungkapkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Baznas untuk memperhatikan masyarakat yang belum terdaftar di Program JKN-KIS. Selain itu, Baznas juga akan membayarkan tunggakan iuran dari peserta yang tidak mampu.

“Banyak peserta menunggak yang tidak mampu. Dengan dibayarkannya tunggakan peserta tersebut, tentu akan berdampak positif terhadap suistainibilitas finansial program JKN-KIS. Langkah Baznas ini, akan berdampak pada percepatan Universal Health Coverage di Kota Depok,” ujar Irfan kepada Radar Depok.

Irfan berharap dengan dukungan dari Baznas Kota Depok, maka Program JKN-KIS dapat terus berjalan dengan optimal di Kota Depok.

Wakil Ketua Baznas Kota Depok, Rida Hesti mengungkapkan, dalam membiayai jaminan kesehatan bagi penduduk miskin, sejalan dengan pilar Baznas, yakni Depok Sehat. Sebelumnya, pada 2018 Baznas menganggarkan sepuluh persen dari pendapatan untuk kesehatan, namun yang terealisasi hanya empat persen.

“Kami akan memaksimalkan pada 2019. Kami pun berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan, Dinas Kesehatan, serta Dinas Sosial tentang data penduduk yang akan kami daftarkan,” terangnya. (san)

You may also read!

Depok Cekal Kucumbu Tubuh Indahku

RADARDEPOK.COM, DEPOK-Sebelum beras menjadi bubur. Rabu (24/4), Pemkot Depok melayangkan surat keberatan kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Keladinya, film

Read More...

Walikota Ajak 2.000 Anak Gerimis Telur

RADARDEPOK.COM, DEPOK-Kota Depok berinisiasi meningkatkan pola pangan dan kecerdasaan tumbuh kembang anak. Caranya, dengan menggaungkan Gerakan Intensif Minum Susu

Read More...

CPNS Dapat Dispensasi

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Dinas Pendidikan Kota Depok mengeluarkan kebijakan bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) honorer K2 guna menuntaskan

Read More...

Mobile Sliding Menu