01 Sudah Diterima Warga Depok

In Politika

DEPOK–Simulasi pemilu 2019 yang dilakukan Radar Bogor Grup, sudah diketahui. Pasangan Calon (paslon) Presiden nomor urut 02, unggul tipis dari paslon no urut 01. Hasil tersebut jangan jadi jumawa. Keladinya, menurut pengamat suara paslon no urut 01 sudah mulai diterima rakyat Depok.

Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin mengungkapkan, sudah tidak heran ketika paslon 02 unggul dari paslon 01. Sebab, Provinsi Jawa Barat merupkan daerah terkuat basis Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

“Wajar jika 02 unggul. Karena Depok sejak dulu menjadi basis PKS dan juga Gerindra. PKS dan Gerindra tentu akan all out dalam memenangkan  paslon 02,” kata Ujang kepada Radar Depok, Minggu (10/2).

Menurut Ujang, peran kepala daerah atau kota sangat berperan penting dalam pemenangan masing-masing calon. Karena, masyarakat akan melihat pergerakan dan cenderung mengikuti arah pemimpinnya tersebut.

“Walikota Depok dari PKS, pasti sebagian besar bergerak masyaraktnya mengikuti. Dan walikota akan terus gencar memenangkan Paslon 02,” ujarnya.

Tingginya suara untuk paslon 02, lanjut Ujang, sudah terjadi sejak pemilihan presiden 2014. Khususnya di Kota Depok, Capres 01 Joko Widodo pada pilpres 2014 juga kalah suara dari Capres 02 Prabowo Subianto kala itu.

Namun, jika dilihat dengan hasil tipis simulasi ini. Masyarakat Depok sudah mulai menerima kehadiran paslon 01, sekaligus partai pengusung nomor urut tersebut. Ujang mengatakan, paslon 02 harap mewaspadai pergerakan suara masyarakat Depok.

Mengingat waktu menjelang Pemilu 2019 tinggal 2,5 bulan. Agar pendukung 02 tidak berpindah ke 01, badan pemenangan dan partai pengusung 02 melibatkan Walikota dalam berkampanye. “Kekuatan walikota bisa menjangkau ketua RT,” tegasnya.

Dia pun tidak menutup kemungkinan peluang suara paslon 01 akan terus mengalami peningkatan. Tapi, membutuhkan tenaga ekstra saat kampanye, karena harus melalukan strategi door to door campaign.

Kampanye dengan strategi door to door itu harus gencar dilakukan seluruh partai pengusung. Karena, peluang paslon 01 untuk menang di kandang paslon 02 masih terbuka lebar. Dengan cara, meyakinkan masyarakat dengan kesuksesan Jokowi selama menjadi Presiden RI.

“Paslon 01 tentu harus sering turun menyapa rakyat Depok. Peluang 01 unggul tetap terbuka. Karena politik itu dinamis. Sekarang bergantung dari kerja-kerja kampanye di lapangan paslon 01 dan timnya. Jika mampu meyakinkan masyarakat, maka kemenangan bisa saja diraih,” tutup Ujang. (san)

You may also read!

Warga Depok di Sekitaran UIII, Siap Melawan

MEDIASI : Sejumlah warga yang terdampak pembangunan UIII melakukan mediasi dengan pihak Kementerian Agama RI,

Read More...

Berziarah ke Makam Ibnu Abbas

  Laporan: HM. Badruddin Ali (TPIHI Kloter 63 JKS)   Melanjutkan rangkaian ziarah di Kota Makkah, Jamaah Kloter 63 JKS Kota Depok, pada

Read More...

SDN Cipayung 4 Dijarah Maling, Alat Elektronik Raib

BERANTAKAN : Suasana ruangan guru di SDN Cipayung 4 yang berantakan karena disatroni maling, Minggu

Read More...

Mobile Sliding Menu