Kerjasama dengan Kemenkominfo, Bikin Dialog Pemuda Sadar Pemilu

In Politika
Foto : RICKY/RADAR DEPOK
SOSIALISASI : Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna saat melakukan sosialisasi ke pemilih pemula bersama Kemenkominfo di SMA Negeri 1, Jalan Raya Nusantara, Kecamatan Pancoranmas, Jumat (18/1).

Upaya KPU Kota Depok Tingkatkan Partisipasi Pemilih

Berbagai upaya dilakukan penyelenggara Pemilu untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada pesta demokrasi 2019. Seperti KPU Kota Depok  yang bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) Republik Indonesia untuk menggelar Forum Dialog Pemuda Sadar Pemilu di  SMA Negeri 1 Depok, Jalan Raya Nusantara, Kecamatan Pancoranmas, Jumat (18/1).

Laporan : Ricky Juliansyah

Putih abu-abu, identik dengan jenjang pendidikan sekolah menengah atas. Mereka, khususnya yang tahun ini genap berusia 17 tahun. Pada 17 April 2019, memiliki hak konstitusi atau hak pilih pada pesta demokrasi yang dilaksanakan serentak untukk Pilpres, Pileg dan pemilihan DPD.

Setelah memiliki hak suara, pemilih pemula ini tentu harus diajarkan dan diberi kesadaran untuk menggunakan hak konstitusi mereka pada Pemilu 2019. Karenannya, KPU Kota Depok mengadakan kegiatan Forum Dialog Pemuda Sadar Pemilu bagi siswa SMA Negeri 1 Depok.

“Kami bekerjasama dengan Kemenkominfo mengadakan kegiatan Forum Dialog Pemuda Sadar Pemilu,” tutur Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna yang menjadi narasumber pada kegiatan yang dilaksanakan di halaman sekolah yang beralat di Jalan Nusantara, Kecamatan Pancoranmas.

Menurut Nana, pentingnya peranan siswa sebagai pemilih pemula dalam demokrasi di negara ini. Maka dari itu siswa yang juga sebagai pemilih pemula dan pemilih muda jangan sampai alergi terhadap politik. Pihaknya pun terus menggencarkan sosialisasi Pemilu 2019 kepada masyarakat, tak terkecuali kepada kelompok pemilih pemula.

Sebagai bentuk upaya dan ikhtiar KPU Kota Depok dalam rangka meningkatkan tingkat partisipasi pemilih di Kota Depok, KPU Kota Depok terus melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat termasuk kepada pemilih pemula dan pemilih muda dari kalangan siswa-siswi.

“Pemilih pemula yang menjadi sasaran kegiatan sosialisasi kali ini adalah siswa SMA 1 Depok, yang dihadiri oleh lebih dari 300-an orang pemilih pemula dan pemilih muda. KPU Kota Depok berkomitmen untuk terus memberikan pemahaman serta tahapan Pemilu kepada masyarakat,” kata Nana.

KPU Kota Depok tidak boleh mengabaikan mereka yang muda, karenanya pihaknya harus terus memberikan pelayanan terbaik kepada mereka pemilih muda tersebut, apalagi diantara mereka ada yang menjadi pemilih pemula, yang baru akan menggunakan hak pilihnya pada pemilu 2019.

Berdasarkan data, ada sebayak 2400 orang lebih orang pemilih pemula yang tercantum dalam daftar pemilih, karenanya mereka harus terus berikan informasi tentang pemilu 2019.

Pada giat tersebut, KPU juga melakukan pengecekan kepada siswa, apakah sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum. Selain itu, pihaknya mengajak para siswa menjadi pemilih pemula yang cerdas, diantara indikasinya adalah mereka yang tidak menyebarkan kabar bohong atau hoaks, pemilih pemula harus menyatakan diri perang terhadap hoaks.

“Dalam kegiatan sosialisasi ini kami memberikan informasi bahwa nanti pada saat hari pencoblosan, 17 April 2019 mereka akan menerima lima lembar surat suara, mereka juga kami berikan informasi tentang partai politik peserta pemilu. Dengan antusias mereka menyimak serta berinteraksi dalam diskusi selama kegiatan sosialisasi berlangsung,” ucap Nana. (*)

 

You may also read!

Djakarta Warehouse Project (DWP)

DWP Bawa Pemasukan Besar ke Pemprov Jakarta

Djakarta Warehouse Project (DWP).   JAKARTA - Bagi sebagian warga Jakarta, Djakarta Warehouse Project adalah acara hura-hura

Read More...
Menteri BUMN Erick Thohir

Erick Kaget PT Pertamina Punya 142 Anak Usaha

Menteri BUMN Erick Thohir heran Pertamina punya 142 anak perusahaan. FOTO : ISTIMEWA   JAKARTA - Jumlah

Read More...

Analisis Keputusan Pemindahan Ibu Kota dan Spekulasi Dampak yang Dapat Ditimbulkan

  Oleh: Adiguna Hutama (1806184730) Bima Eka Restu Irawan (1806184724) Brilian Wijaya (1806216032) Reno Marliando Bendriks Mayor (1706103581) *Penulis adalah Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi

Read More...

Mobile Sliding Menu