Dukung UKM di Depok, Permudah Permodalan Usaha Kecil

In Politika
GORENG: Anggota DPRD Kota Depok, Yuni Indriani saat menggoreng produk cireng dalam acara yang digelar di Kecamatan Bojongsari. Foto:RICKY/RADAR DEPOK

Geliat Yuni Indriani di Dapil 6

Anggota DPRD Kota Depok, Yuni Indriani mengaku bangga dengan UKM di Kota Depok, bahkan, politikus PDI Perjuangan ini ingin UKM di Kota Sejuta Maulid dapat dipasarkan hingga ke daerah lain.

Laporan : Ricky Juliansyah

UKM dapat meningkatkan perekonomian keluarga. Bahkan, jika pemerintah daerah bisa mengelola dan memberdayakan mereka, UKM juga dapat membantu derajat perekonomian di daerah tersebut.

Karenannya, Yuni Indriani yang kembali maju sebagai Caleg DPRD Kota Depok Dapil 6 (Cipayung, Sawangan, Bojongsari) terus mendukung UKM di Depok agar berkembang.

“Saya sebagai dewan dari Dapil Cipayung-Sawangan Bojongsari, tentunya bangga dengan para pelaku UKM yang produktif dan inovatif menproduksi produk unggulan,” kata Yuni.

Menurut Yuni, hal tersebut ditandai dengan banyaknya produk yang dihasilkan, baik produk olahan makanan dan produk-produk unggulan lain yang dapat memperkenalkan ke khasan Kota Depok.

Yuni menilai kehadiran UKM bukan saja dalam rangka peningkatan pendapatan tapi juga untuk pemerataan pendapatan. Sehingga, perlu sentuhan dari Pemkot Depok untuk memajukan usaha mereka.

Untuk itu, pihaknya saat ini terus mendorong pengembangan UKM di sektor usaha produktif dan kreatif yang memiliki keunggulan komparatif.

“Juga mandirinya pun perlu di dorong, baik dari segi kualitas kerja, pemanfaatan teknologi dan informasi, fasilitasi akses pemasaran melalui revitaslisasi pasar rakyat, sarana usaha, media sosial dan sarana pemasaran lainnya, serta optimaliasai branding, design, packaging, dan promosi,” bebernya.

Ia pun menilai, Pemkot Depok sendiri sudah cukup baik dalam memberikan sentuhan kepada para pelaku UKM, baik berupa pelatihan dan lainnya. Namun, untuk UKM sendiri perlu diberikan kesempatan yang seluas-luasnya guna memasarkan hasil produksi mereka. Sehingga, mereka tidak akan kesulitan untuk melempar atau menjual produksi mereka ke pasar.

Ia mencontohkan, seperti membuat sentra UKM produk unggulan Kota Depok yang telah ada di Gedung DPRD Kota Depok dan beberapa tempat, selain itu, juga harus mempermudah perizinan bagi para pelaku UKM, baik untuk registrasi produk dan juga bantuan permodalan dari perbankan.

“Harus bisa diberikan kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan usaha, jangan sampai nanti mereka terganjal oleh aturan dan kesulitan memperoleh tambahan modal usaha mereka. Dalam mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif saat ini menjadi semangat bersama upaya menguatkan citra dan identitas budaya kota Depok,” tandasnya. (*)

You may also read!

Farabi Tunggu ‘Dilamar’

RADARDEPOK.COM, DEPOK –Lima kursi di parlemen membuat Golkar Depok memiliki bargening position yang bagus menghadapi Pilkada Kota Depok pada

Read More...

Koruptor Ditangkap di Raffles Hills

RADARDEPOK.COM, DEPOK-Perumahan Raffles Hills, Blok 3 nomor 16, Keluarahan Harjamukti, Cimanggis jadi tempat bersembunyi koruptor. Kemarin, mantan anggota DPR

Read More...

Karyawan Membandel, Potong Gaji

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Meski memiliki banyak rintangan, pembangunan jalan tol penghubung antara Jakarta, Depok sampai Kabupaten Bogor harus tetap

Read More...

Mobile Sliding Menu