2020 Kapasitas Commuter Line Ditambah

In Metropolis
TRANSPORTASI MASSAL: Pengguna saat berada di KRL Commuterline di Stasiun Depok Baru, kemarin. Kapasitas penumpang commuterline dalam kurun waktu dua tahun kedepan akan ditingkatkan. Foto:AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

DEPOK– Semakin bertambahnya peminat penggunaan kereta rel listrik (KRL) membuat PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) akan merencanakan penambahan jadwal keberangkatan kereta pada tahun 2020.

Salah satu pegguna KAI asal Kecamatan Pancoranmas, Jamal, mengaku senang menggunakan commuter line. Karena menurutnya jika ingin ke Jakarta transportasi paling cepat dan bebas macet adalah kereta. “Kereta itu transportasi paling cepat dan murah,” kata Jamal kepada Radar Depok.
Ditambah lagi saat ini sarana dan prasarana kereta juga sudah jauh lebih baik, sehingga kereta dijadikan moda transportasi utama masyarakat. “Saat ini lebih baik, bersih, dan tepat waktu,” ujar Jamal.
Humas KCJ, Eva Chairunisa mengatakan pihaknya akan menambahkan kapasitas KRL dalam waktu dua tahun kedepan.

Menurutnya, peningkatan kapasitas ini atas dasar saran dari para penumpang dan fakta dilapangan. Diakui dia masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki, khusunya infrastruktur.   “Memang ada keluhan dari penumpang ada hari dan jam tertentu KRL penuh penuh penumpang. Maka dari itu, akan ada peningakatan kapasitas KRL dalam waktu dua tahun mendatang,” tambahnya.

Dia mengatakan, penambahan kapasitas dengan menambah jumlah rangkaian kereta masih menunggu pembangunan infrastruktur dari pemerintah pusat.

“Kami masih menunggu penambahan infrastruktur di Manggarai, karena jika kami tetap menambah rangkaian tanpa menunggu infrastruktur nantinya malah akan menambah penumpukan di jalur kereta. Sementara Infrastruktur dijadwalkan selesai pada tahun 2020,” kata Eva.

Sementara diketahui, saat ini kapasitas penumpang commuter line mencapai 1,2 juta orang, dan akan ditingkatkan menjadi 2 juta orang dalam waktu dua tahun ke depan. Saat ini headway kereta baru lima menit. Dan akan ditingkatkan menjadi tiga menit untuk menunjang target 2 juta penumpang.
“Jarak kereta api itu kan sekarang lima menit nanti kita buat tiga menit, jadi kapasitasnya lebih besar,” pungkas Eva. (rub)

You may also read!

Pendidikan, Kebudayaan, Pariwisata

DEPOK – Walikota Depok Mohammad Idris menerima kunjungan kerja Komisi X DPR RI. Di hadapan Komisi X DPR RI,

Read More...

Silaturahmi, Lurah Mustakim Kunjungi Posyandu

CIPAYUNG – Berkunjung langsung ke warga terus dilakukan Lurah Cipayung Jaya, Kecamatan Cipayung, Mustakim. Semenjak menjadi pejabat wilayah setempat,

Read More...

Beli Kacamata Peduli Sesama

DEPOK – Optik Go Max yang hadir di Depok Town Square lantai dasar tak hanya menyuguhkan aneka produk kacamata

Read More...

Mobile Sliding Menu