UI Kampus Hijau Tebaik di Indonesia Versi UI GreenMetric World Ranking 2018

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
PERINGKAT TERBAIK: UI GreenMetric memberikan penghargaan kepada enam kampus hijau terbaik di Indonesia dan dunia versi UI GreenMetric World Ranking 2018, di Balai Sidang Kampus UI, Beji, kemarin (19/12).

DEPOK – UI GreenMetric mengumumkan Kampus Hijau Terbaik di Indonesia. Universitas Indonesia (UI) kembali meraih predikat pertama, kemudian diikuti oleh Institut Pertanian Bogor dan Universitas Diponegoro pada urutan kedua dan ketiga, kemarin (19/12).

UI GreenMetric merupakan lembaga pemeringkat Kampus Hijau pertama di dunia. Lembaga tersebut juga mengumumkan kampus hijau terbaik di dunia, Wageningen University & Research, Belanda menjadi peringkat pertama, sedangkan peringkat kedua dan ketiga diraih oleh University of Nottingham, Inggris dan University of California Davis, Amerika Serikat.

Pengumuman dilakukan Rabu, (19/12) di kampus UI Depok dan disaksikan oleh Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan KemenRistekdikti, Kepala Balitbang dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Rektor UI Muhammad Anis, dan disiarkan secara langsung secara streaming yang disaksikan oleh perguruan tinggi di luar Indonesia.

Anis menyampaikan, UI GreenMetric merupakan pelopor dalam pemeringkatan melalui pengembangan alat ukur kampus hijau, dimana sebagian besar diadopsi Perguruan Tinggi di dunia. Melalui kerjasama dengan perguruan tinggi yang berpartisipasi secara langsung mencetak generasi yang peduli akan keberlanjutan lingkungan hidup.

“Diharapkan melalui upaya UI GreenMetric ini, perguruan tinggi se-dunia mampu mengambil bagian pada upaya preventif dan kuratif dalam rangka mitigasi dampak perubahan iklim,” kata Anis.

Ketua UI GreenMetric, Riri Fitri Sari memaparkan, UI GreenMetric juga memiliki UI GreenMetric World University Rankings Network (UIGWURN). Di dalamnya terdapat 27 Koordinator Nasional dari 25 negara yang tersebar di Asia, Eropa, dan Amerika.

Para Koordinator Nasional sudah mengadakan lokakarya UI GreenMetric di negara masing-masing,  dan 13 Lokakarya Nasional di luar negeri yang kerjasama dengan perguruan tinggi dan intitusi lain,” tutup Riri. (san)

You may also read!

Korban 21 Mei Tembus Dada-Leher

DEPOKRADARDEPOK.COM, DEPOK–Awan kelabu menyelimuti rumah dengan No51 RT2/7, Kelurahan Grogol, Limo. Isak tangis keluarga pecah sejadinya ketika jenazah Farhan

Read More...

Habis Magrib Langsung Pecah

RADARDEPOK.COM, DEPOK- Jakarta Siaga Satu, kondisi Jakarta lebih mencekam dari hari sebelumnya, Selasa (21/5). Sejumlah ruas jalan yang menuju

Read More...

Korban 21 Mei Tembus Dada-Leher

RADARDEPOK.COM, DEPOK–Awan kelabu menyelimuti rumah dengan No51 RT2/7, Kelurahan Grogol, Limo. Isak tangis keluarga pecah sejadinya ketika jenazah Farhan

Read More...

Mobile Sliding Menu