UI Kaji Kebijakan Perdagangan Internasional

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
UNGGULAN: Fakultas Ilmu Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia.

DEPOK – Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI) mengkaji Kebijakan Perdagangan Internasional Indonesia melalui seminar nasional, kemarin (28/12) di Ruang Auditorium Soeria Atmadja, Gedung Dekanat.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Dosen Ilmu Ekonomi, Maddaremmeng A. Panennungi, dan Senior Economist dari World Bank Jakarta, Massimiliano Cali.

Cali memaparkan beberapa informasi mengenai perdagangan di Indonesia seperti perdagangan global selama abad terakhir. Kemudian pola perdagangan baru yang membentuk kembali kebijakan perdagangan, dan pengiriman kebijakan perdagangan Indonesia.

“Perdagangan global selama abad terakhir ini terlihat berkembang lebih cepat daripada ekonomi global, biaya transportasi dan komunikasi telah jatuh, dan ekspor tumbuh 50 kali lipat,” katanya.

Menurutnya, Indonesia telah mengurangi partisipasinya dalam GVCs dibanding rekan-rekan regional lainnya.dengan begitu, Indonesia menjadi kurang kompetitif di pasar global, khususnya dalam manufaktur global.

“Indonesia telah meningkatkan tarif impor lebih dari rekan-rekannya di abad ke-21, Penggunaan Non Tariff Measures juga meningkat. Sebagai contoh Indonesia memiliki pembatasan tertinggi terhadap pemasukan asing dalam layanan ritel,” jelas Cali.

Dia berharap ke depan, Indonesia perlu meningkatkan penggunaan persyaratan kinerja pada investasi melalui persyaratan konten lokal minimum. Misalnya elektronik, pipa logam, dan agri-bisnis.

“Lalu penggunaan langkah-langkah anti-dumping dan pengamanan yang ekstensif serta pembatasan ruang gerak para profesional, misalnya kesehatan, pendidikan, layanan profesional,” tutup Cali. (san)

You may also read!

Farabi Tunggu ‘Dilamar’

RADARDEPOK.COM, DEPOK –Lima kursi di parlemen membuat Golkar Depok memiliki bargening position yang bagus menghadapi Pilkada Kota Depok pada

Read More...

Koruptor Ditangkap di Raffles Hills

RADARDEPOK.COM, DEPOK-Perumahan Raffles Hills, Blok 3 nomor 16, Keluarahan Harjamukti, Cimanggis jadi tempat bersembunyi koruptor. Kemarin, mantan anggota DPR

Read More...

Karyawan Membandel, Potong Gaji

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Meski memiliki banyak rintangan, pembangunan jalan tol penghubung antara Jakarta, Depok sampai Kabupaten Bogor harus tetap

Read More...

Mobile Sliding Menu