Pradi Hadiri Seminar Tembakau Se-Negara Asia Pasifik

In Politika
BINCANG SERIUS: Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna (tengah) sedang berbincang dengan Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto (kiri), disela acara The 3rd AP-CAT Meeting Holiday Inn, di Orchard City Centre, Singapura, kemarin. Foto:DOK PEMKOT DEPOK

DEPOK Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna menghadiri acara The 3rd AP-CAT Meeting Holiday Inn, di Orchard City Centre, Singapura, kemarin. Adapun poin penting dari kegiatan tersebut ialah bagaimana mengontrol tembakau (rokok) di negera-negara Asia Pasifik.

Pradi mengatakan, kontrol yang dimaksud, salah satunya bagaimana regulasi di tiap kota. Di Depok, boleh dikatakan sudah lebih maju. Ini dibuktikan dengan lahirnya Perda Nomor 3 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR).

Pada perda tersebut, sambung Pradi, ada sejumlah tempat yang dilarang untuk merokok. Ada tujuh lokasi, antara lain tempat umum, tempat ibadah, sarana pendidikan, tempat kerja, tempat pelayanan kesehatan, arena kegiatan anak, dan kendaraan angkutan umum.

“Sehingga secara spesifik, kami (Pemkot Depok) sudah memiliki regulasi soal rokok,” ungkap Pradi kepada Radar Depok lewat sambungan telepon, kemarin.

Ia menjelaskan, bahkan kini, Pemkot Depok sudah menerbitkan Surat Edaran Walikota Depok Nomor 300/357 tentang larangan display penjualan rokok di ritel modern di seluruh Kota Depok.

Larangan itu sudah diberlakukan sejak akhir September 2018. “Kami minta penjual rokok bisa menutup display rokoknya,” tambahnya.

Lebih lanjut, kata dia, diketahui bila jumlah perokok di Depok menurun. Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok pada 2017, tercatat 69 persen, rumah tangga yang merokok.

Di 2018, menurun menjadi 67,54 persen. Penurunan perokok itu terjadi karena Depok sudah mengeluarkan Perda KTR. “Jika merokok berarti harus siap dengan segala akibat penyakit yang ditimbulkan. Lebih baik hidup sehat saja,” tandasnya. (cky)

You may also read!

Dibongkar, Bangun, Dilarang Lagi

RADARDEPOK.COM, DEPOK-Setahun lalu tepatnya 15 Juli 2018, ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Grand Depok City dibongkar. Terbaru kemarin,

Read More...

Babinsa Belajar Aplikasi Panic Button

RADARDEPOK.COM, DEPOK– Kondusifitas perlu di jaga, apalagi saat Ramadan, dan berbarengan dengan pengumuman pemenang pemilu 2019. Guna menghalau kejadian

Read More...

Terinspirasi Kehidupan ART, Meniti Sejak 2009

RADARDEPOK.COM – Mungkin sebagian orang menganggap sampah tidak bermanfaat. Namun tidak bagi Serly Susanti, yang berjuang dan meniti karir

Read More...

Mobile Sliding Menu