FTUI-Pemkot Depok Kaji Keselamatan Jalan

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
BERDISKUSI: Pihak FT Universitas Indonesia bersama Pemerintah Kota Depok melakukan kajian tentang penanggulangan keselamatan jalan di Kota Depok, beberapa waktu lalu.

DEPOK – Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melakukan kajian untuk menanggulangi keselamatan jalan. Hal ini dalam rangka pengabdian masyarakat UI Kajian Strategis sebagai bentuk kepedulian sivitas akademika UI untuk meningkatkan keselamatan jalan di Kota Depok.

Ketua Tim Pengabdi, Ir. Tri Tjahjono mengatakan, pihaknya merekomendasikan agar Pemkot Depok lebih memfokuskan pada transportasi. Dibandingkan pada pelebaran jalan ataupun efisiensi angkutan umum.

“Dengan banyak berkurangnya angkutan umum, maka diperlukan perombakan yang mengutamakan program keselamatan dan bukan lagi efisiensi angkutan umum,” katanya saat kegiatan Focus Group Discussion (FGD).

Dia menjelaskan, berdasarkan data dari WHO, diperkirakan bahwa pada tahun 2030 kematian akibat kecelakaan lalu lintas akan menjadi penyebab kematian nomor 3 di dunia. Untuk itu Pemkot Depok harus memperhatikan pentingnya keselamat jalan sebagai target yang diprioritaskan.

“Apabila kita terus berdiam diri, orang yang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas akan terus meningkat,” tegasnya.

Terkait perilaku berkendara, salah seorang dosen Psikologi UI menyampaikan, bahwa belum ada kesadaraan dari diri sendiri. Serta iklim panas membuat orang lebih temperamental di jalanan serta terdapatnya mindset yang salah pada masyarakat bahwa kecelakaan itu adalah takdir.

“Untuk meningkatkan keselamatan jalan, kepolisian perlu mempertimbangkan faktor psikologis pengendara. Untuk itu diperlukan keterlibatan psikolog yang masuk ke Bappeda dan Kepolisian untuk memberi inputan terkait kondisi psikologis pelaku kecelakaan,” tutur Tri.

Kajian dilakukan melalui serangkaian kegiatan untuk mendapatkan berbagai masukan dari pihak-pihak terkait yang dimulai dengan seminar dan FGD. kemudian dilanjutkan diskusi dengan pihak terkait seperti Polres Depok, Bappeda Kota Depok, serta Dinas yang terkait.

Hasil dari rangkaian kegiatan ini selanjutnya dituangkan sebagai Rekomendasi Aksi bagi Pemkot Depok dalam bentuk buku “Kajian Usulan Strategi Peningkatan Keselamatan Jalan Rencana Umum Nasional Keselamatan (RUNK) Jalan Kota Depok 2021-2025. (san)

You may also read!

Disdukcapil Kota Depok Bakar 30 Ribu Blangko e-KTP Rusak

DEPOK – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok memusnahkan 30 ribu blangko Elektronik KTP di Balaikota Depok,

Read More...

Antisipasi Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok, Disdagin Depok Operasi Pasar

DEPOK – Mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI)

Read More...

NU Depok Serukan Perkuat Kebinekaan

DEPOK – Plt Ketua PC NU Kota Depok, Ahmad Solechan menyerukan ajakan untuk memperkuat kebinnekaan dan mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan.

Read More...

Mobile Sliding Menu