Festival Sepakbola antar Provinsi Piala Mochammad Yana Aditya

In Ruang Publik
Drs. Supartono, M.Pd, Pengamat Sepakbola Nasional dan Pengamat Pendidikan Nasional

Oleh: Drs. Supartono, M.Pd*)

Di tengah sepakbola nasional yang terus diterpa berberbagai polemik, sepakbola akar rumput, usia dini dan muda faktanya terus bergejolak. Kendati sangat minim dukungan dari berbagai stakeholder terkait, namun para pembina sepakbola usia dini dan muda terus menggelindingkan program pembinaan, pelatihan, festival, turnamen, hingga kompetisi yang kini dikenal dengan istilah “Gawean Pihak Swasta”, namun terus berkontribusi hingga menyumbang pemain-pemain muda ke Timnas.

Sebagai pihak swasta, Sekolah Sepakbola (SSB) Sukmajaya yang dibuka pelatihan/pembinaan sejak 18 Agustus 1998 (20 tahun yang lalu) dan resmi berdiri 16 Mei 1999, telah berkiprah ambil bagian dalam pembinaan dan pelatihan sepakbola usai dini dan muda khususnya untuk Kota Depok dan umumnya untuk tingkat nasional, senantiasa mendukung apa yang dicanangkan Bapak Presiden Republik Indonesia dan Kepengurusan PSSI agar percepatan pembangunan sepakbola nasional segera menjadi kenyataan.

Dukungan Askot PSSI dan Disporyata Kota Depok

Untuk hal tersebut, maka dalam rangka melanjutkan program 3Wulan SSB Sukmajaya yang diisi dengan Festival Sepakbola Antar SSB Se-Jabodetabek dan Sekitarnya, serta merayakan Hari pembukaan SSB ini 20 tahun yang lalu, maka program 3Wulan SSB Sukmajaya 2018 kembali digelar.

Program 3 wulan yang tujuan khususnya dijadikan ajang sebagai tolok ukur keberhasilan pembinaan dan pelatihan layaknya di sekolah formal yaitu program evaluasi semester, dasar pelaksanaannya mengacu pada sistem pendidikan nasional khususnya untuk anak usai dini, serta pelaksanaan kegiatannya direkomendasi oleh Induk Organisasi Sepakbola resmi, yaitu Askot PSSI Kota Depok, pelaksanaannya semakin bergigi, sebab direkomendasi pula oleh Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok.

Adanya rekomendasi dari Askot PSSI Kota Depok dan Disporyata Kota Depok, maka peserta turnamen juga turut mendapatkan garansi sertifikat kegiatan yang ditandatangan dan dilegitimasi oleh Instansi terkait. Selanjutnya, seusai kegiatan, setiap peserta dapat memanfaatkan sertifikat yang nanti dimilikinya untuk portofolio pribadi maupun sebagai bekal masuk sekolah jalur prestasi.

Selain rekomendasi Disporyata Kota Depok untuk kegiatan ini, festival ini sebagai langkah awal, sebab diharapkan pada tahun 2019, Disporyata Kota Depok, sepenuhnya dapat mendukung SSB, khususnya dari segi pembinaan SDM. SDM yang dimaksud di sini adalah para pembinan/pelatih SSB.

Dukungan Peserta  dan Pembina SSB Sukmajaya

3Wulan SSB Sukmajaya mustahil akan pernah terselenggara, bila pelaksana kegiatan tidak pasang badan. Selain itu, untuk meringankan biaya operasional penyelenggaraan festival yang jauh dari dukungan stakeholder dan pihak sponsor, para peserta juga saling bahu-membahu dengan iuran yang digalang dari para orangtua siswa SSB peserta.

Dengan begitu, terkumpullah biaya minimal untuk penyelenggaraan kegiatan yang dinamakan festival sepakbola.  Dalam 3Wulan tahun ini, selain tetap ada dukungan dari iuran peserta, Pembina SSB Sukmajaya yang selama ini juga telah mendukung secara moril dan materi atas keberadaan SSB Sukmajaya, maka langsung berandil menyediakan piala dan paket hadiah.

Karenanya, nama kegiatannya menjadi: Festival Sepakbola antar Provinsi Piala Mochammad Yana Aditya (Pembina SSB Sukmajaya), 3Wulan SSB Sukmajaya 2018, U-8, U-10, dan U-12.

Mochammad Yana Aditya, adalah Direktur Keuangan dan SDM di PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI). Sejak putranya bergabung menjadi siswa SSB Sukmajaya, ditengah jadwal padatnya, Beliau selalu menyisihkan waktu untuk SSB Sukmajaya. Termasuk, dalam kegiatan kali ini, memfasilitiasi penyiapan piala dan hadiah.

Peserta wakil provinsi

Bila pada 3Wulan tahun sebelumnya, jumlah peserta selalu membludak, puluhan tim di setiap kelompok umur, bahkan hingga 144 tim saat 3Wulan perdana, maka pada 3Wulan kali ini, atas dasar keterbatasan waktu, biaya, dan prasarana lapangan, maka 3Wulan hanya melibatkan empat SSB terpilih dan mewakili tiga provinsi di lingkungan Jabodetabek.

Empat SSB tersebut, dipilih oleh panitia atas dasar pengamatan selama ini, yaitu di lihat dari sisi manajemen, berdiri-bertahan, dan prestasi. Sebagai wakil dari Provinsi DKI, pilihannya jatuh kepada SSB Bina Taruna. Untuk wakil Provinsi Jawa Barat penghargaan jatuh kepada SSB Kabomania Bogor. Lalu untuk wilayah Provinsi Banten, pilihan jatuh kepada SSB Salfas Soccer. Selain SSB Sukmajaya sebagai tuan rumah yang pernah menjuarai Piala Serumpun Cup (Internasional) dan telah teruji oleh waktu, panas dan hujan, ketiga SSB perwakilan ketiga provinsi tersebut juga seiring sejalan seperti halnya SSB Sukmajaya.

Semoga Festival Sepakbola antar Provinsi Piala Mochammad Yana Aditya (Pembina SSB Sukmajaya), 3Wulan SSB Sukmajaya 2018, U-8, U-10, dan U-12, yang akan digelar di Lapangan 328 Kostrad Cilodong Depok pada Selasa, 25 Desember 2018, dapat berjalan dengan lancar dan sesuai rencana. Amin. (*)

*)Pengamat Sepakbola Nasional, Pengamat Pendidikan Nasional

You may also read!

SMK Arrahman Lepas 323 Siswa

PELEPASAN DAN PERPISAHAN: Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Arrahmaniyah menggelar pelepasan dan perpisahan Peserta Didik Kelas Akhir Tahun Pelajaran 2018/2019,

Read More...

Awas Kabel Listrik Menjuntai

WASPADA : Kabel PLN lunglai di Jalan Naman Iskandar Cakra Limo Kelurahan/Kecamatan Limo, kemarin. Foto : SANI/RADAR DEPOK RADARDEPOK.COM, DEPOK-Petugas

Read More...

Giant Express Cinere Ludes

RAMAI: Warga berbondong-bondong berburu diskon di Giant Express Cinere mall, kemarin. Foto : RUBIAKTO/RADAR DEPOK RADARDEPOK.COM, DEPOK-Memanfaatkan Giant yang akan

Read More...

Mobile Sliding Menu