DEEP : Desakan Amien Rais Mundur Sangat Bermasalah

In Politika
RICKY/RADAR DEPOK
PERESMIAN: Direktur DEEP, Yusfitriadi menyerahkan potongan tumpeng ke Bupati Bogor terpilih, Ade Munawaroh Yasin saat meresmikan kantor LS-Vinus Maju dan DEEP di Perumahan Bumi Cibinong Endah, Blok D8 No.11 Kelurahan, Sukahati, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

DEPOK – Direktur Direktur Democracy Electoral and Empowerment Partnership (DEEP), Yusfitriadi menilai, desakan mundur para founding Father Partai Amanat Nasional (PAN) kepada Amien Rais sangat bermasalah dan menimbulkan implikasi yang tidak sederhana.

“Ketika berbicara persoalan dengan desakan mundurnya Amien Rais oleh para founding Father PAN, saya pikir sangat bermasalah dan menimbulkan beberapa implikasi yang tidak sederhana,” tutur Yusfitriadi kepada Radar Depok.

Pertama, kata Yusfitriadi, Amien Rais adalah simbol PAN, sehingga ketika para pendiri sudah mendesak seorang simbol mundur, hal ini sudah terjadi kesalahan yang sangat prinsipil di tubuh PAN, yang diakibatkan oleh sepakterjang Amien Rais akhir-akhir ini.

“Ketika masalahnya sangat prinsipil, maka sangat mungkin kesalahan yang dibuat oleh Amien Rais mempengaruhi orientasi PAN selama ini,” ujarnya.

Kedua, kehilangan kepercayaan terhadap Amien Rais, terlebih muncul dari para pendiri PAN, akan sangat berpengaruh terhadap kepengurusan dan struktur PAN sampai pada level paling bawah, karena sangat mungkin sudah lama pengurus PAN dan struktur PAN yang lain sebenarnya tidak nyaman dengan sepak terjang Amien Rais selama ini, dan sekarang memdapatkan momentum.

Walaupun beberapa kejadian sudah nampak sebagai indikator dari ketidaknyamanan itu, seperti mundurnya Bendum PAN, berbedanya dukungan capres dan cawapres oleh beberapa struktur PAN.

Ketiga, sambung sambung Yusfitriadi, kejadian ini terjadi beberapa bulan menjelang pemilu 2019, tentu akan berdampak serius bagi keberlangsungan raihan suara PAN di pemilu 2019 dan orientasi dukungan Pilpres 2019.

“Karena kondisi ini akan sangat mempengaruhi pemilih, jangankan untuk merebut pemilih yang selama ini tidak memilih PAN, untuk mempertahankan pemilih yang sudah ada pun saya pikir akan kerepotan. Disamping itu, Ketua PAN Zulkifli Hasan, tidak memiliki banyak waktu untuk memperbaiki kondisi ini, karena kejadian ini akan terus diopinikan oleh lawan politik,” terangnya.

Ia berpikir Amien Rais harus segera mengadakan forum klarifikasi terhadap para pendiri, dan alangkah lebih baik diikuti dengan mundurnya Amien Rais dari dewan pembina PAN agar PAN lebih mandiri dan inklusif serta lepas dari bayang-bayang Amien Rais.

“Dengan hilangnya kepercayaam konstituen dan publik terhadap PAN, secara otomatis akan mengancam PAN tidak memenuhi parlementari threshold. Bahayanya kejadian itu di aktor-aktor politik elit, yang berpotensi sangat besar mempengaruhi struktur partai ke bawah,” ucap Yusfitriadi.

Diketahui, PAN dilanda gonjang-ganjing. Lima orang yang menyebut dirinya pendiri partai itu menuntut Amien Rais mundur dari dunia politik dan PAN. Kelima orang itu ialah Abdillah Toha, mantan penasihat Wakil Presiden, advokat senior Albert Hasibuan, sastrawan dan jurnalis senior Goenawan Mohamad, penyair dan tokoh budaya Toety Heraty, dan Zumrotin.

Amien Rais juga merupakan salah satu pendiri PAN. Ia kini menjabat sebagai Ketua Dewan Kehormatan partai berlambang matahari terbit itu. Dia juga terlibat sebagai anggota Dewan Pembina Badan Pemenangan Nasional pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto – Sandiaga Uno. (cky)

You may also read!

Jelang HUT ke-74, PMI Gelar Lomba Edukatif

APEL : Ketua Panitia HUT PMI ke-74, Eka Bachtiar saat memberikan sambutan dalam apel pagi

Read More...

Klinik Pasar Tugu Layani Kesehatan Pasien

CEK KESEHATAN : Petugas medis klinik Pasar Tugu, Widia sedang memeriksa kesehatan salah satu pasien

Read More...

Beli Sate, Gratis Nasi Goreng

Sate Blora Cirebon cabang Depok kini sudah bisa dinikmati, pengunjung bisa datang ke Jalan Margonda,

Read More...

Mobile Sliding Menu