BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasi di Mall

In Metropolis
SOSIALISASI: BPJS Ketenagakerjaan Cabang Depok ikut serta dalam kegiatan Dinas Koperasi Mikro dan UMKM dalam acara Depok Expo Tahun 2018 di salah satu pusat perbelanjaan Jalan Margonda Depok, beberapa waktu lalu. Foto:IRWAN/RADAR DEPOK

DEPOK – BPJS Ketenagakerjaan Kota Depok terus menyosialisasikan manfaat empat program andalannya. Kali ini dilakukan di salah satu pusat perbelanjaan alias Mall di Jalan Raya Margonda, beberapa waktu lalu.

Keempat program tersebut, yaitu Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), dan Jaminan Pensiun (JP).

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kota Depok, Multanti menyebutkan, sosialisasi di acara Depok Expo 2018 ini merupakan kolaborasi dengan Dinas Koperasi Mikro dan UMKM. “Kami sampaikan program kepada pengunjung mall dan pelaku usaha yang hadir di giat expo ini,” terang Multanti kepada Radar Depok, kemarin (5/12).

BPJS juga memberikan langsung kartu peserta kepada warga yang sudah mendaftarkan diri. Empat program tersebut lanjut Multanti, sangat bermanfaat bagi masyarakat. Misalnya JHT, untuk mereka menginjak di masa tua.

Selain itu, manfaat JHT di antaranya pemberian uang tunai yang besarnya nilai akumulasi iuran ditambah hasil pengembangannya yang dibayarkan sekaligus.

“Apabila peserta mencapai usia 56 tahun (usia pensiun), meninggal dunia, cacat total tetap, peserta resign atau di PHK dan tidak aktif bekerja,” kata Multanti.

Program JKK sebut dia, program yang dapat memberikan perlindungan atas risiko-risiko kecelakaan yang terjadi dalam hubungan kerja, termasuk kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan dari rumah menuju tempat kerja atau sebaliknya dan penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kerja.

Manfaat yang diberikan JKK antara lain pelayanan kesehatan karena resiko kecelakaan kerja, santunan penggantian biaya pengangkutan, santunan Sementara Tidak Mampu Bekerja (STMB), santunan kecacatan, santunan kematian dan biaya pemakaman, program Kembali Bekerja (Return to Work), rehabilitasi berupa alat bantu (orthese), beasiswa pendidikan anak.

Untuk program (JKM) yang memberikan jaminan kematian kepada setiap pesertanya jika meninggal dunia. Ada pun manfaat dari JKM meliputi, memberikan manfaat uang tunai, manfaat JK dibayarkan kepada ahli waris peserta. “Besarnya iuran dan manfaat program JKM bagi peserta dilakukan evaluasi secara berkala paling lama setiap 2 (dua) tahun,” kata dia.

Sedangkan program JP bertujuan untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak bagi peserta dan atau ahli warisnya dengan memberikan penghasilan setelah peserta memasuki usia pensiun, mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia.

“Manfaat pensiun adalah sejumlah uang yang dibayarkan setiap bulan kepada peserta yang memasuki usia pensiun, mengalami cacat total tetap, atau kepada ahli waris bagi peserta yang meninggal dunia,” ungkapnya. (irw)

You may also read!

Disdukcapil Kota Depok Bakar 30 Ribu Blangko e-KTP Rusak

DEPOK – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok memusnahkan 30 ribu blangko Elektronik KTP di Balaikota Depok,

Read More...

Antisipasi Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok, Disdagin Depok Operasi Pasar

DEPOK – Mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI)

Read More...

NU Depok Serukan Perkuat Kebinekaan

DEPOK – Plt Ketua PC NU Kota Depok, Ahmad Solechan menyerukan ajakan untuk memperkuat kebinnekaan dan mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan.

Read More...

Mobile Sliding Menu