900 Orang Belum Masuk DPT

In Politika
PEREKAMAN DATA : Disaksikan Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas IIB Kota Depok, Boy Sagara, pihak KPU, Bawaslu dan Disdukcapil, WBP Rutan Kelas IIB Kota Depok melakukan perekaman data untuk DPT Pemilu 2019. Foto:RICKY/RADAR DEPOK

**Sedang Dilakukan Pendataan

**Rutan Kelas IIB Depok

DEPOK – Sukseskan Pemilu 2019 dan melindungi hak konstitusi para Warga Binaan Pemasyarakatan, Rutan Kelas IIB Kota Depok bekerjasama dengan KPU, Bawaslu dan Disdukcapil Kota Depok melakukan perekaman data untuk penyempurnaan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pesta demokrasi yang akan dilaksanakan serentak 17 April 2019.

Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas IIB Kota Depok, Boy Sagara mengatakan, dalam rangka menyukseskan Pemilu 2019, Rutan Kelas IIB Kota Depok  dari senin hingga sepekan kedepan, sedang melakukan perekaman data biometric berdasarkan retina oleh Disdukcapil bersama KPU Kota Depok untuk WBP.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui identitas data tiap WBP agar tidak kehilangan hak konstitusinya pada Pemilu 2019,” kata Boy kepada Radar Depok.

Boy menerangkan, berdasarkan data terbaru per Rabu (5/12), total WBP di Rutan Kelas IIB Kota Depok sebanyak 1.530 orang. Dimana 1.120 akan bebas di atas tanggal 17 April 2019 atau saat pemungutan suara berlangsung.

“Dari total tersebut, tidak ada satu WBP pun yang kehilangan hak pilihnya berdasarkan putusan pengadilan,” terangnya

Karena itu, pihaknya berkewajiban untuk mendukung, menyukseskan dan tidak menghilangkan hak pilih WBP pada Pemilu 2019, salah satunya dengan bekerjasama dan terus berkoordinasi secara proaktif terhadap KPU, Bawaslu dan Disdukcapil Kota Depok agar WBP di Rutan Kelas IIB Kota Depok masuk dalam DPT dan dapat menggunakan hak suaranya.

Ia menambahkan, data sementara yang dimiliki, WBP yang sudah terdata dalam DPT hasil Pilgub Jabar 2018 sekitar 562 orang, artinya lebih dari 900 orang masih belum masuk dalam DPT. “Maka dari itu, kegiatan ini kami laksanakan untuk mendapatkan data tersebut, guna melengkapi dan menyempurnakan DPT untuk Kota Depok, khususnya bagi WBP di Rutan Kelas IIB Kota Depok,” imbuhnya.

Boy melanjutkan, yang sempat menjadi kendala adalah WBP yang bukan warga Depok, sebab Rutan Kelas IIB Kota Depok merupakan UPT Pemasyarakatan penyangga Ibukota, pihaknya juga sudah menginformasikan ke KPU dan Bawaslu, pada dua bulan berjalan kemarin pihaknya menerima pindahan dari lapas di Jakarta sebanyak 300 WBP.

“Artinya dari 300 WBP tersebut, bukan merupakan penduduk Depok. Hal ini juga sudah kami sampaikan ke KPU, Bawaslu dan Discukcapil Kota Depok, Alhamdulillah sudah ditindaklanjuti dengan pembukaan akses melalui Disdukcapil Pusat, sehingga kegiatan kali ini bukan hanya bagi WBP yang berdomisili di Depok, tetapi dari luar kota Depok dengan mendatangkan alat yang sudah didatangkan dari pusat, jadi setiap WBP masih memiliki kesempatan untuk masuk DPT,” tuturnya.

Secara jumlah penghuni, kata Boy, nantinya akan ada 6 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Rutan Kelas IIB Kota Depok.

“Hari Senin sudah ada 165 WBP yang sudah terekam, Selasa 100 WPB, dan Rabu hingga siang sudah ada 50 WBP, diharapkan hingga sepekan kedepan seluruhnya dapat terekam. Jika memang belum terekam seluruhnya akan ada evaluasi dan penambahan waktu penyelesaian sehingga seluruh WBP dapat menggunakan hak suara mereka pada Pemilu 2019,” tutupnya. (cky)

You may also read!

Dibongkar, Bangun, Dilarang Lagi

RADARDEPOK.COM, DEPOK-Setahun lalu tepatnya 15 Juli 2018, ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Grand Depok City dibongkar. Terbaru kemarin,

Read More...

Babinsa Belajar Aplikasi Panic Button

RADARDEPOK.COM, DEPOK– Kondusifitas perlu di jaga, apalagi saat Ramadan, dan berbarengan dengan pengumuman pemenang pemilu 2019. Guna menghalau kejadian

Read More...

Terinspirasi Kehidupan ART, Meniti Sejak 2009

RADARDEPOK.COM – Mungkin sebagian orang menganggap sampah tidak bermanfaat. Namun tidak bagi Serly Susanti, yang berjuang dan meniti karir

Read More...

Mobile Sliding Menu