Sukses Operasi, Rayyan Punya Anus

In Metropolis
IRWAN/RADAR DEPOK
TERTIDUR: Rayyan, bayi yang tidak memiliki anus tertidur pulas di rumah orang tuanya di Kecamatan Beji beberapa waktu lalu.

DEPOK – Rayyan Haryo Ardianto, bayi laki-laki berusia empat bulan sukses menjalani operasi pembuatan lubang anus. Minggu (18/11) Rayyan sudah diperbolehkan pulang ke rumahnya.

Orang tua Rayyan, Oklavia mengatakan bahwa penjelasan dokter dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Rayyan sedianya dijadwalkan melalui tiga kali tahapan operasi pembuatan lubang anus. Namun dalam tahap operasi kedua, ternyata jadi tahap terakhir proses operasi.

“Awalnya penjelasan dari dokter bisa tiga kali operasi, yang ketiga tutup kolostominya (saluran pembuangan sementara). Tapi ini langsung ditutup, karena salurannya sudah ada jadi tinggal nyambung,” kata Oklavia, kepada Radar Depok, kemarin (18/11).

Dijelaskannya, operasi tidak hanya berhasil membuat lubang anus, tapi juga berhasil menutup kolostomi di bagian perut Rayyan. Oklavia lantas bersyukur karena tidak menyangka anak keempatnya dapat memiliki anus lebih cepat dari waktu yang diperkirakan dokter RSPAD dan pihak keluarganya.

Oklavia menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah membantu dan mendoakan Rayyan sedari awal sampai sekarang. “Alhamdulillah, ini di luar dugaan saya dan suami. Kemarin dua kali operasi, bikin lubang anus sekaligus ditutup kolostomi di perutnya,” tuturnya.

Menurut Oklavia, kondisi Rayyan kini stabil dan sudah tidak berpuasa lagi. Diketahui, Rayyan lahir secara sesar pada Jumat (27/7) sekira pukul 08.30 WIB. Namun pihak RS GPI baru memberitahukan kondisi Rayyan yang tak sempurna pada Sabtu (28/7) sekitar pukul 17.00 WIB. Dampak dugaan keterlambatan pemberitahuan itu mengakibatkan usus Rayyan dipotong sekira dua sentimeter dan kulit perutnya mengelupas karena terinfeksi gas dan kotoran yang tertahan di perut.

Operasi pembuatan saluran pembuangan sementara di perut Rayyan lantas dilakukan pada Selasa (31/7) sekira pukul 11.00 WIB. Setelah operasi pertama, Rayyan buang air besar menggunakan kantong kolostomi. Hingga Rayyan menjalani operasi pembuatan lubang anus di RSPAD Gatot Soebroto pada Selasa (13/11) lalu.(irw)

You may also read!

Disdukcapil Kota Depok Bakar 30 Ribu Blangko e-KTP Rusak

DEPOK – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok memusnahkan 30 ribu blangko Elektronik KTP di Balaikota Depok,

Read More...

Antisipasi Kenaikan Harga Kebutuhan Pokok, Disdagin Depok Operasi Pasar

DEPOK – Mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan pokok, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI)

Read More...

NU Depok Serukan Perkuat Kebinekaan

DEPOK – Plt Ketua PC NU Kota Depok, Ahmad Solechan menyerukan ajakan untuk memperkuat kebinnekaan dan mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan.

Read More...

Mobile Sliding Menu