Sengketa Lahan Pasar Kemirimuka Depok, DPD RI Panggil PT Petamburan dan Pedagang

In Metropolis
AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK
AKTIFITAS PASAR KEMIRI MUKA :Warga sedang beraktifitas di kawasan Pasar Kemiri Muka, Kecamatan Beji, kemarin.

DEPOK – Sengketa kepemilikan lahan Pasar Kemirimuka, Beji masih tarik ulur, karena belum ada kesepakatan setelah sebelumnya gugatan Derden Verzet pedagang Pasar Kemirimuka ditolak PN Depok.

Merasa bertanggung jawab dengan sengketa lahan Pasar Kemirimuka Dewan Pimpinan Daerah RI (DPD RI) merasa bertanggung jawab untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di Pasar Kemirimuka.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Jawa Barat, Ayi Hambali mengatakan sesuai dengan tugas dan wewenang DPD RI sesuai pasal 22D, UUD 1945 serta Pasal 257 dan Pasal 258 Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD.

Sebagaimana telah diubah terakhir dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014, dengan hormat kami sampaikan bahwa Badan Akuntabilitas Publik (EAP) DPD RI sebagai alat Kelengkapan DPD RI yang membidangi akuntabilitas publik, telah menerima aspirasi terkait masyarakat pedagang Pasar Kemiri Muka Depok Provinsi Jawa Barat.

Terkait masalah tersebut, Ayi Hambali mengatakan sehubungan dengan hal tersebut, untuk mendapatkan pandangan dan perijelasan yang komprehensif terkait permasalahan tersebut, BAP DPD RI ingin meminta konfirmasi ke Pemkot Depok.

“Kami akan meminta konfirmasi ke Pemkot Depok Jumat (23/11) terkait sengketa yang ada di Pasar Kemirimuka untuk koordinasi lebih lanjut mengenai hal-hal teknis oleh pejabat yang ditugaskan dapat berkomunikasi dengan Sekretariat BAP DPD RI,” tukas Ayi Hambali.

Sementara, pemerintah Kota Depok tidak tinggal diam memperjuangkan Pasar Kemirimuka. Setelah putusan sidang derden verzet (gugatan perlawanan) sengketa lahan Pasar Kemiri Muka, yang ditolak hakim, pemkot akan menggugat PT Petamburan Jaya Raya (PJR) dalam waktu dekat.

Kepala Bagian Hukum (Kabag) Sekretariat Daerah (Setda) Depok, Selviadona menegaskan, akan melakukan langkah hukum, usai kalahnya gugatan derden verzet. “Kami akan melakukan gugatan,” kata Selviadona kepada Harian Radar Depok, Selasa (13/11) lalu.

Menurutnya, PT Petamburan Jaya Raya belum melaksanakan kewajiban, untuk menyerahkan lahan Pasar Kemiri Muka ke Pemkot Depok. “Penyerahan lahannya kan belum dilakukan, padahal sudah ada proses jual beli,” kata Selviadona.

Saat ini, lanjut Selviadona masih fokus mempersiapkan materi gugatan. Namun, dia belum mau membeberkan apa yang menjadi materi gugatan Pemkot Depok. “Yang pasti kami akan bertindak, mendaftarakan gugatan,” papar Selviadona.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Depok, Kania Parwanti mengatakan, sudah menyerahkan masalah tersebut ke Bagian Hukum Pemkot Depok. “Masalah hukum sudah kami serahkan ke Pemkot Depok,” kata Kania.

Lahan tersebut tercatat sebagai aset Kota Depok, dan Pasar Kemiri Muka juga menjadi salah satu pasar yang dikelola Pemkot Depok. Pihaknya juga menempatkan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pasar Kemiri Mmuka. “Pasar Kemiri masih di bawah pengelolaan Disdagin, jadi masih kami kelola dengan menempatkan UPT di sana,” papar Kania.

Terpisah, meski kalah dalam gugatan derden verzet sengketa lahan Pasar Kemirimuka, pedagang Pasar Kemiri Muka mengaku akan terus mengawal proses hukum yang menyangkut sengketa lahan Pasar Kemiri Muka.

“Kami akan terus mengawal proses persidangan, dan meminta pemkot untuk mengambil langkah hukum. Jika tidak mau melakukan langkah hukum, pedagang akan menduduki Pemkot Depok,” papar Koordinator Pedagang Pasar kemirimuka, Widodo. (rub)

You may also read!

Pengembangan Permata Cimanggis Disoal Warga

RADARDEPOK.COM, TAPOS– Proyek pengembangan Perumahan Permata Cimanggis di RT03/16, Kelurahan Cilangkap, Tapos disoal warga. Pasalnya, pembangunan yang dilakukan pihak

Read More...

Depok Tersisa Tiga Kloter

RADARDEPOK.COM, DEPOK – Pemberangkatan jamaah calon haji asal Kota Depok gelombang ke-2 akan segera dimulai. Setelah sebelumnya kelompok terbang

Read More...

Korban Medsos 134 Kasus

RADARDPOK.COM, DEPOK – Belum lama ini viral di media sosial WhatsApp video yang memperlihatkan seorang pria mengalami gangguan jiwa,

Read More...

Mobile Sliding Menu