Mini Drama Cut Nyak Dien di SDI Dian Didaktika Depok

In Pendidikan
SANI/RADAR DEPOK
Seluruh Guru dari kelas I-VI memerankan tokoh dalam cerita di Mini Drama Cut Nyak Dien dalam rangka Hari Pahlawan di Auditorium Dian Didaktika, Jalan Rajawali Blok F, Cinere Estate, Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere, Kemarin (12/11).

DEPOK – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh setiap 10 November. SD Islam Dian Didaktika mengemasnya dengan cara yang menarik, yakni menggelar Mini Drama atau Teater di Ruang Auditorium Dian Didaktika, kemarin (12/11).

Kepala SDI Dian Didaktika, Moch. Syahudin Heriyanto mengatakan, setiap tahunnya selalu menggelar mini drama dengan menampilkan cerita salah satu tokoh pahlawan kemerdekaan. Tahun ini, ceritanya tentang Cut Nyak Dien.

“Hari Pahlawan bukan hanya sekedar seremoni saja, tetapi mengajak anak-anak untuk berempati dengan mengingat pahlawan melalui mini drama ini,” kata Syahudin kepada Radar Depok.

Dia menjelaskan, semangat pahlawan terdahulu di zaman kemerdekaan juga harus ada di diri peserta didik. Terutama, cinta tanah air melalui pengenalan lewat film, teater dan lain sebagainya. Hal itu dilakukan agar wawasan kebangsaan siswa bertambah.

“Kami berharap dalam diri siswa lebih mementingkan kepentingan bangsa dan negara diatas segalanya, dan menjadi pemimpin di masa depan. Serta rasa nasionalisme yang semakin tinggi,” jelasnya.

Sementara itu, Sutradara Mini Drama, Suryadi menerangkan, tema tahun ini adalah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Tokoh Cut Nyak Dien diambil karena ingin memberitahukan kepada siswa bahwa perempuan juga berjuang pada masa sebelum kemerdekaan.

“Kekuatan sang Cut Nyak Dien melawan Belanda patut dicontoh oleh siswa, lantaran semangatnya yang mampu menggerakkan rakyat Aceh. Kami ingin siswa-siswi mengikuti jejak beliau dengan semangat belajar dan mempertahankan Indonesia di masa depan,” terangnya.

Uniknya juga dalam mini drama ini adalah seluruh guru SDI Dian Didaktika menjadi pemeran masing-masing tokoh dalm cerita. Audiensnya adalah seluruh murid kelas I-VI. Dengan persiapan yang hanya memakan waktu 3 hari, namun sudah cukup menarik simpatik para siswa.

“Alhamdulillah bangga dengan guru-guru disini yang sangat kreatif, mudah-mudahan tahun depan kami bisa tampilkan yang lebih baik lagi,” tutup Suryadi. (san)

You may also read!

Relawan Mujahidin Ajak Warga Tabayun

RADARDEPOK.COM, TASIKMALAYA- Banyaknya berita yang simpang siur dan berita hoax yang membakar suhu politik menjelang pengumuman hasil Pemilu 22

Read More...

Harga Tiket Bus Gila-gilaan

RADARDEPOK.COM, DEPOK-Pemudik Depok tahun ini pasti bakal kebingungan pulang kampung halaman naik transportasi apa. Selain tiket pesawat yang sudah

Read More...

Pembalap Depok Jatuh Lagi

RADARDEPOK.COM, DEPOK-Pembalap Indonesia asal Kota Depok Dimas Ekky Pratama gagal finis pada balapan Moto2 Prancis 2019 di Sirkuit Le

Read More...

Mobile Sliding Menu