Lestarikan Ciliwung di Hari Ciliwung

In Depok Sport
FAJI KOTA DEPOK FOR RADAR DEPOK
SEMANGAT: Peserta Fun Rafting menikmati keindahan Sungai Ciliwung

DEPOK – Komunitas Ciliwung Panus, Info Depok, Relawan Berwarna bersama Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kota Depok dan sejumlah komunitas pemerhati Sungai Ciliwung akan menggelar kegiatan Fun Rafting pada Minggu (11/11).

Melalui Fun Rafting, peserta akan diajak menikmati keindahan Sungai Ciliwung. Mengambil titik start di dermaga kelurahan Ratu Jaya, mereka akang mengarungi sungai sampai di garis finish, kolong Jembatan Panus, Kelurahan Pancoranmas.

Ketua Pelaksana kegiatan, Mario AB Joseph menjelaskan, Fun Rafting merupakan bagian dari rangkaian kegiatan bertajuk Hari Ciliwung dan 101 tahun Jembatan Panus.

“Ini cara kami memperingati Hari Ciliwung dan ulang tahun monument bersejarah yang dimiliki Kota Depok, Jembatan Panus,” ujar Mario kepada Harian Radar Depok, kemarin.

Mario menjelaskan, melalui kegiatan Fun Rafting pihaknya ingin mengajak peserta kegiatan menjaga dan melestarikan keindahan panorama alam di sepanjang Sungai Ciliwung.

“Tujuan utamanya, kami ingin mengajak masyarakat menjaga kebersihan bantaran sungai,” imbuhnya.

Karena itu, Mario berharap agar masyarakat menyambut baik dan turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.  “Semua kalangan masyarakat boleh berpartisipasi. Mulai dari pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat umum,” terang Mario.

Untuk berpartisipasi, masyarakat hanya perlu membayar uang pendaftaran sebesar Rp50.000. Nantinya, lanjut Mario, uang pendaftaran tersebut akan digunakan untuk perawatan Sungai Ciliwung.

“Sebagai pra kegiatan, kami telah melakukan gotong royong membersihkan sampah di kolong Jembatan Panus setiap hari Minggu,” ucapnya.

Aktifis pemerhati Sungai Ciliwung, Hidayat menilai kegiatan ini sebagai salah satu langkah maju dalam membangun kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan. Terutama, Sungai Ciliwung.

Hidayat berharap, kegiatan ini dapat menumbuhkan perasaan memiliki dalam diri masyarakat. Sehingga, mereka bersedia menjaga dan melestarikan ini dengan senang hati.

”Sungai adalah wajah dari sebuah daerah. Baik atau buruknya kehidupan masyarakat setempat dapat dilihat dari terawat atau tidaknya sungai yang melintasi wilayah tersebut,” pungkas Hidayat yang bertindak sebagai penanggung jawab lintasan dari kegiatan Fun Rafting.(mg2)

You may also read!

Kejari Depok Irit Bicara

DEPOK – Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok masih belum buka-bukaan, terkait pengembalian berkas rasuah Jalan Nangka, Tapos ke Polresta Depok.

Read More...

Zoss Ada 51 Titik di Depok

DEPOK – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, terus menambah keberadaan Zona Selamat Sekolah (Zoss). Hal itu dilakukan untuk memberikan

Read More...

RS Harapan Depok Tantang YLCC di Pengadilan

DEPOK – Sengketa sewa menyewa gedung antara YLCC dengan RS Harapan Depok, akhirnya akan berujung dimejahijaukan. Kemarin, RS Harapan

Read More...

Mobile Sliding Menu