Ketua Fraksi PPP DPRD Kota Depok, Qonita : Hargai Pahlawan dengan Isi Kemerdekaan

In Politika
Qonita Luthfiyah, Ketua Fraksi PPP DPRD Kota Depok

DEPOK – Ketua Fraksi PPP DPRD Kota Depok, Qonita Luthfiyah menilai Hari Pahlawan merupakan momen untuk mengukur sejauh mana dapat menyadarkan kita sebagai anak bangsa, untuk menghargai perjuangan para pahlawan dalam mengisi kemerdekaan.

“Bagaimana kita mengapresiasi perjuangan tersebut tentu saja tidak lain dengan mengerahkan segala daya upaya untuk mengisi kemerdekaan tersebut,” tutur Qonita kepada Radar Depok, Jumat (9/10).

Qonita menerangkan, 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan itu, terjadi perang dahsyat untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia, dimana rakyat di Surabaya berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan dari tentara Inggris.

Momen bersejarah itu, sambung Qonita tidak bisa lepas dari peran fatwa Resolusi Jihad Nahdlatul Ulama (NU), yang menggerakkan warga dan juga kalangan santri untuk menghantam pasukan sekutu di Surabaya.

“Keluarnya Resolusi Jihad tersebut tak terlepas dari permohonan Presiden Soekarno pada 17 September 1945, yang memohon fatwa hukum kepada ulama. Karena NU merupakan organisasi Islam yang terbesar kala itu, maka Presiden Soekarno meminta fatwa untuk mempertahankan kemerdekaan bagi umat Islam kepada KH Hasyim Asyari,” terang Qonita.

Menurut Qonita, saat ini perjuangan tidak lagi mengangkat bambu runcing untuk mengusir penjajah. Tetapi, bagaimana seluruh elemen bangsa menjadi pahlawan guna bahu membahu mengisi kemerdekaan.

Kepahlawanan sejatinya, lanjut Qonita, merupakan sikap positif yang perlu dipelihara dalam keseharian di masa kemerdekaan. Sikap kepahlawanan perlu untuk terus dipupuk dan dipelihara oleh anak bangsa sebagai generasi penerus yang mengisi kemerdekaan.

“Sikap kepahlawanan perlu dipelihara agar Negara Kesatuan Republik Indonesia yang menjadi tempat tinggal kita tetap aman, damai dan menyejahterakan masyarakatnya,” terang Qonita.

Qonita yang kembali maju sebagai Caleg DPRD Kota Depok di Dapil 6 (Cipayung, Sawangan, Bojongsari) melanjutkan, banyak hal yang dapat kita lakukan untuk memperingati Hari Pahlawan. Ia mencontohkan, seperti belajar dari pengabdian dan kerja keras sepenuh hati dari kisah-kisah inspirasi yang begitu tersebar di sekitar kita.

“Kita harus membuka mata, telinga dan mata hati kita melalui berbagai bahan bacaan ataupun dengan bersilaturahim kepada orang-orang yang telah begitu kenyang dengan asam garam perjuangan hidup memelihara sikap kepahlawanan adalah di antara kiat-kiat yang bisa kita tempuh,” terang Qonita. (cky)

You may also read!

Kapolres Depok Kombes Pol Aziz Andriansyah

Perempuan Depok Diculik di Apartemen dan Akan Dijadikan PSK

Kapolres Depok Kombes Pol Aziz Andriansyah.   RADARDEPOK.COM, DEPOK - SA (15) seorang anak perempuan asal Kota

Read More...
dahlan iskan

Tahun Taiwan

  Oleh: Dahlan Iskan   DI tahun 108 ini Taiwan menyatakan merdeka. Secara tidak langsung. "Tanpa menyatakan merdeka Taiwan sudah merdeka," ujar

Read More...
calon haji depok tes kesehatan

1.708 Calhaj Depok Tes Kesehatan

ILUSTRASI : Keluarga melepas keberangkatan jemaah calon haji Kloter 30 di Halaman Balaikota Depok. FOTO

Read More...

Mobile Sliding Menu